Cuma Butuh Waktu Terbang 80 Detik Saja, Pesawat Ini Punya Rute Terpendek di Dunia


    SURATKABAR.ID – Pesawat sebagai moda transportasi udara memang masih menjadi pilihan utama bagi mereka yang mengutamakan kecepatan. Dan dari sekian banyak penerbangan di seluruh dunia, ada satu rute yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama 1 menit 20 detik atau 80 detik saja.

    Dilansir dari Kompas.com, Kamis (15/11/2018), termasuk ke dalam penerbangan terpendek di dunia, rute tersebut menghubungkan Westray Island Airport dan Papa Westray Island Airport. Dua wilayah tersebut dipisahkan oleh perairan di kawasan Kepulauan Orkney, Inggris.

    Ketimbang harus menyeberangi jarak sejauh 1,7 mil atau sekitar 2,7 kilometer menggunakan kapal, masyarakat setempat lebih memilih pesawat terbang komersial. Pasalnya, jika mereka menyeberang dengan kapal, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama.

    Lantas mengapa tidak memilih untuk membangun jembatan untuk menghubungkan dua pulau yang tidak terlalu jauh itu? Menurut warga setempat, pembangunan jembatan akan memakan biaya yang sangat tinggi. Dan hal tersebut dinilai sangat tidak rasional secara finansial.

    Baca Juga: Ngeri! Muntah dan Buka Paksa Pintu Pesawat, Seorang Pria Nyaris Berakhir Mengenaskan Terhisap Mesin

    Untuk diketahui, wilayah kepulauan di Inggris sebelah utara tersebut memang terkenal dengan garis pantai bergerigi. Garis pantai yang terbentuk dari karang, membuat wilayah tersebut jarang ditumbuhi pepohonan.

    Dari 70 pulau yang ada di wilayah tersebut, hanya 20 di antaranya yang dihuni manusia. Seperti salah satunya adalah Papa Westray. Di pulau satu ini tercatat memiliki populasi penduduk tak lebih dari 100 jiwa saja.

    Colin Mccallister, seorang pilot senior mengungkapkan dirinya biasa membawa pesawat berkapasitas delapan penumpang. Dan untuk ketinggian maksimal pesawat yang bisa dijangkau hanya 350 kaki atau sekitar 106 meter.

    Jika Anda menaiki pesawat dengan rute terpendek ini, jangan harap akan ada layanan minuman ataupun makanan. Mengingat waktu penerbangan yang sangat singkat. Bisa dibayangkan, Anda hanya berada di ketinggian kurang dari 2 menit saja. Tertarik untuk mencicipi pengalaman terbang singkat?