Terungkap! Pemasang Poster Jokowi Beberkan Imbalan dan Oknum yang Berikan Perintah


    SURATKABAR.ID – Bawaslu Pati berhasil menagkap pemasang Alat Peraga Kampanye (APK) dengan gambar Presiden Joko Widodo berkostum seperti raja dan menggunakan mahkota. Oknum pemasangnya dipastikan bukan tim resmi kampanye pemenangan Capres – Cawapres Jokowi – Ma`ruf.

    Anggota Bawaslu Pati, Suyatno mengungkapkan oknum pemasang APK berinisial R warga Pati. Mengaku memasang poster dan baliho sebanyak 4.120 buah dan sudah terpasang sekitar 60 persen.

    “R mendapat order pemasangan dari seseorang di Semarang. Dia mengaku mendapat imbalan pemasangan sebesar Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu,” ucap Suyatno, Rabu (14/11/2018) dilansir dari teras.id.

    Sekretaris DPC PDI Perjuangan Pati, Sutarto Oenthersa SH MH mengatakan pemasangan poster dilakukan oleh oknum luar. “R bukan dari resmi relawan Jokowi.Kami sudah minta bantuan PAC untuk menyisir semua lokasi yang dipasangi poster Jokowi berpakaian raja dalam pentas ketoprak tersebut,” kata politikus asal Juwana ini.

    Baca Juga: Ada Apa Ini? Kader PDIP Copot Stiker Jokowi Berkostum Raja

    Dilansir dari detik.com, PDIP sudah bertemu dengan pihak yang memasang atribut bergambar capres petahana Joko Widodo dengan kostum raja Jawa. Pihak pemasang ini mengaku mendapat arahan dari pihak tertentu, namun identitasnya belum diketahui.

    “Kita tanya, ini (poster dan stiker) dari mana? (Pemasang mengaku): saya dulu diundang sama senior saya di Hotel Siliwangi Semarang. Di sana ada beberapa orang, kita dibriefing,” ujar Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, Rabu (14/11/18).

    Orang-orang yang dikumpulkan itu lalu diminta memberikan alamat. Mereka diminta untuk membantu memasang atribut ‘Raja Jokowi’ saat sudah dikirim.

    “Diminta alamat, diminta bantu pasang. Suatu waktu datang barangnya,” jelas Bambang.

    Dari pengakuan pihak yang memasang, mereka mendapat upah mulai dari Rp 5 ribu untuk setiap pemasangan atribut. Bambang menegaskan, alat peraga kampanye (APK) itu bukan milik PDIP ataupun timses Jokowi-Ma’ruf Amin.

    “Yang pasti bukan dari PDIP dan partai koalisi,” ungkap Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jateng Jokowi-Ma’ruf itu.

    “Besok kita mau rapat DPD partai. Salah satu bahas ini. APK yang bukan milik kita ini. Ada ribuan itu,” imbuh Ma’ruf.

    Sebelumnya diberitakan, poster-poster dan stiker bergambar ‘Raja Jokowi’ tersebar di Jawa Tengah jelang Pemilu 2019. Desainnya serupa, yakni gambar Jokowi mengenakan mahkota khas Raja Jawa dan terdapat logo kepala banteng PDIP.