Tahun Lalu Ramalkan Jatuhnya Lion Air JT610, Roy Kiyoshi Beberkan Penyebab Kecelakaan


SURATKABAR.ID – Jatuhnya pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10/2018) masih dalam proses pencarian dan evakuasi korban.

Dari 189 orang dipesawat, termasuk penumpang dan kru, hingga kini belum semua korban ditemukan. Bahkan, pihak berwajib masih melakukan identifikasi terhadap potongan jasad korban yang telah ditemukan.

Terkait peristiwa yang menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia ini, pada 2017 silam Roy Kiyoshi pernah meramalkan kecelakaan sebuah pesawat domestik.

Video mengenai ramalan Roy tersebut beberapa hari belakangan viral di media sosial, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter. Roy sendiri juga mengunggahnya ke akun Instagram pribadinya.

Praying for Lion Air JT 160 ..slide for full video #deepcondolences #roykiyoshi,” tulisnya di Instagram, dikutip dari tribunnews.com, Minggu (4/11/2018).

Baca juga: Soal Penyebab Tewasnya Syachrul Anto, Leader IDRT: Bukan Dekompresi

Dalam video tersebut, Roy berbincang dengan Vicky Prasetyo. Roy mengatakan, ia melihat dengan jelas adanya kecelakaan sebuah pesawat penerbangan domestik pada akhir 2018.

“Saya melihat ada ledakan di ketinggian, ada suara-suara berisik,” ujar Roy seraya menirukan suara yang didengarnya.

Kemudian, menurut Roy pesawat tersebut jatuh ke air dan terdengar suara ledakan. “Satu pesawat, lalu jatuh ke air. Saya bisa dengar jelas suara ledakan airnya,” katanya.

Lebih lanjut, Roy menyebut bahwa ada ledakan api di awan, kemudian suara ledakan di air. Ia juga memperagakan pesawat yang jatuh ke air. “Saya lihatnya penerbangan dalam negeri, ada api nyata di awan,” tutur Roy.

Vicky kemudian menanyakan soal penyebab jatuhnya pesawat. “Kira-kira kenapa tuh penyebabnya? Ada kelihatan juga nggak?” tanyanya.

Saat itu, Roy mengatakan bahwa penyebab kecelakaan tersebut bukanlah kesalahan pada mesin, melainkan human error. “Saya lihat ada human error, bukan mesinnya tapi orangnya mungkin teknisinya,” kata Roy.

Di akhir video, Roy menyebut bahwa peristiwa nahas tersebut akan terjadi di akhir tahun. “Saya melihatnya di akhir tahun dan beritanya bakal bikin kaget banget,” tukasnya.