Foto dan Video Detik-Detik Terakhir Lion Air JT 610 Gegerkan Medsos, Kominfo: Itu Hoaks


SURATKABAR.ID – Tragedi yang menimpa pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610 membuat Indonesia kembali berduka. Namun mirisnya, insiden yang terjadi pada Senin (29/10) kemarin itu justru digunakan orang-orang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita bohong.

Dilansir dari laman Kompas.com pada Senin (29/10/2018), sejumlah unggahan mulai ramai dibagikan para pengguna jagat maya. Beberapa di antaranya menampilkan suasana detik-detik terakhir sebelum pesawat jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

Foto selfie yang disebut-sebut merupakan salah seorang penumpang pesawat nahas JT 610 tersebut juga beredar luas di situs jejaring Instagram. Terdapat pula foto yang seolah menggambarkan situasi mencekam di kabin pesawat sebelum JT 610 menghantam perairan.

Foto Selfie Penumpang Lion Air JT 610

Sebuah foto yang menampilkan empat orang penumpang tengah berswafoto di dalam kabin pesawat. Pada foto tersebut, keempatnya mengenakan masker oksigen yang merupakan salah satu fasilitas keamanan untuk awak dan penumpang pesawat.

Awalnya, unggahan tersebut dibagikan oleh akun @westjournalpalma. Namun usai mendapat teguran langsung dari pemerintah, foto tersebut dihapus. “Kami hapus. Karena dapat teguran dari Kemenhub,” tulis admin @westjournalpalma, Senin (29/10).

Baca Juga: Waspada! Penyebar Hoaks Hingga Foto Korban Tragedi Lion Air Mulai Beraksi di Medsos

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu menegaskan bahwa foto selfie tersebut adalah berita palsu (hoaks). “Foto selfie yang diduga korban di pesawat Lion Air JT 610 ini merupakan hoaks,” tegas Ferdinandus.

Terkait selfie tersebut, sebenarnya merupakan foto penumpang penerbangan Sriwijaya Air ketika mengalami turbulence di udara. “Faktanya ini merupakan penumpang Sriwijaya Air saat terjadi turbulence di udara,” jelasnya.

Video Situasi Dalam Kabin Pesawat

Unggahan yang tidak disertai fakta selanjutnya berupa video yang menggambarkan suasana menjelang jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Dalam rekaman tersebut, kabin dalam kondisi gelap gulita. Beberapa penumpang terdengar ramai mengucapkan doa-doa keselamatan.

Diunggah pertama kali oleh pemilik akun Instagram @merapi_singgalang pada Senin (29/10) pukul 12.00 WIB, postingan tersebut sudah ditonton hingga lebih dari 200 ribu kali dan mendapatkan hampir 2000 komentar.

Ferdinandus Setu mengungkapkan video tersebut hoaks. “Video situasi di dalam pesawat yang beredar itu termasuk hoaks. Video yang beredar ini adalah penerbangan Lion Air JT 353 tujuan Padang-Jakarta yang mengalami turbulence, mesin mati, dan lainnya,” jelasnya.