Jadi Pemenang Miss Grand International 2018, Clara Sosa Syok dan Pingsan!


SURATKABAR.ID – Saat pengumuman pemenang Miss Grand International 2018, salah seorang finalis asal Paraguay, Clara Sosa, tiba-tiba ambruk di atas panggung secara mengejutkan. Insiden tersebut berawal ketika Clara bergandengan tangan dengan finalis asal India, Meenakshi Chaudhary. Saat itu keduanya bertatap-tatapan dan menanti pengumuman pemenang.

Dan sewaktu pembawa acara meneriakkan bahwa Miss asal Paraguay yang menjadi pemenangnya, perempuan berusia 25 tahun itu ambruk. Baik Meenakshi maupun sejumlah kru yang berada di atas panggung pun segera menolong Clara.

Meski begitu, seperti dilansir dari Kumparan.com, Jumat (26/10/2018) Clara tak sampai dibawa ke rumah sakit. Sebab, setelah syok tersebut, ia kemudian mampu berdiri lagi. Hingga Miss Grand International 2017 Maria Jose Lora, menyematkan mahkota di atas kepala Clara. Ya, dia sendirilah yang ternyata keluar sebagai pemenang.

Diketahui, gelaran Miss Grand International 2018 diselenggarakan di Yangon, Myanmar pada Kamis malam (25/10/2018) waktu setempat. Indonesia yang diwakili oleh Nadia Purwoko terpilih sebagai 2nd runner up atau juara ketiga di malam grand final tersebut.

Indonesia Juara Ketiga

Baca juga: Bukannya Jadi Cantik, Wanita Ini Malah Alami Hal Tragis Saat Operasi!

Melansir Wolipop.Detik.com, sebelumnya Nadia Purwoko sukses melaju ke babak tiga besar bersama Miss Grand Paraguay Clara Sosa dan Miss Grand India Meenakshi Chaudhary. Namun pada akhirnya Miss Grand Paraguay Clara Sosa yang terpilih sebagai pemenang utama Miss Grand International 2018. Sedangkan Miss Grand India Meenakshi Chaudhary keluar sebagai juara kedua.

View this post on Instagram

Shine bright like a diamond ? Dress: @avemaier Photo: @officialglobalbeauties @missgrandinternational @missgrandparaguay #MissGrandInternational #MissGrandParaguay #eveninggown

A post shared by Clara Sosa (@_clarasosa) on

Bagaimana dengan finalis dari Indonesia? Adapun sosok Nadia Purwoko sebenarnya sudah dijagokan menjadi juara Miss Grand International 2018 sejak namanya disebut masuk dalam babak top 20. Apalagi kemudian nama Nadia juga disebut dalam daftar finalis yang masuk ke babak top 10.

Saat masuk ke babak top 10, Nadia Purwoko pun berkesempatan memberikan pidato yang temanya seputar perdamaian. Dalam pidatonya, Nadia menyinggung mengenai hak wanita dan anak-anak untuk hidup damai. Dia juga menyampaikan perihal dirinya yang merupakan seorang pengacara, kesiapannya membantu anak-anak dan wanita serta korban kekerasan untuk melawan ketakutan dan membantu mereka menyuarakan keinginan yang selama ini terpendam.

“Kita tidak bisa hidup dengan ketakutan. Kita harus hidup dengan bahagia untuk meraih mimpi kita,” demikian dikatakana oleh Nadia yang merupakan sarjana hukum lulusan Universitas Indonesia tersebut.

View this post on Instagram

INDONESIA JUARA 3!!! ALHAMDULILLAAAAHHHH

A post shared by Dikna Faradiba G (@diknagamal) on

Miss Grand International sendiri merupakan kontes kecantikan yang bertujuan untuk ikut serta menciptakan perdamaian dan menghentikan peperangan dunia. Kontes ini pertama kali digelar pada tahun 2013.

Posted by Miss Grand International on Thursday, 25 October 2018

Sedangkan pencapaian Nadia Purwoko ini melebihi wakil Indonesia di ajang Miss Grand International 2017 lalu, Dea Rizkita. Pada saat itu, Dea meskipun sukses memenangkan Best National Costume, hanya berhasil hingga babak top 10.

Namun publik tentu masih ingat bahwa pada acara Miss Grand International 2016, Indonesia pernah mencapai prestasi tertingginya. Ariska Putri Pertiwi dari Indonesia pada saat itu dinobatkan sebagai juara Miss Grand International 2016.