Kerap Dianggap Sepele, Cegah HP Terlalu Panas dengan 6 Trik Jitu Ini. Nomor 2 dan 3 Paling Sering Dilanggar


SURATKABAR.IDSmartphone Anda cepat panas? Ada begitu banyak tips jitu yang bisa diterapkan untuk mencegah ponsel kita panas. Salah satu yang paling sering dipraktekkan adalah dengan melepaskan casing-nya.

Sebenarnya, seperti yang dilansir Grid.ID dari Gadgetsnow.com pada Jumat (26/10/2018), melepas casing hanya salah satu cara untuk mencegah HP terlalu panas. Masih ada beberapa cara yang tak kalah mudah untuk menghindari ponsel pintar kita overheat. Apa saja?

1. Lepaskan Casing HP

Casing HP memang dapat memberikan sentuhan berbeda pada ponsel. Namun ketahuilah bahwa casing tambahan merupakan faktor utama smartphone Anda menjadi cepat panas. Pasalnya, casing HP justru menghalangi panas yang dikeluarkan oleh perangkat canggih kita.

Untuk mengatasi ponsel yang sudah terlampau panas, usahakan melepaskan casing HP. Biarkan selama beberapa saat atau hingga ponsel tak lagi panas. Barulah Anda dapat kembali memasang casing HP seperti semula.

Baca Juga: Takut Kepergok Selingkuh? Matikan Saja Tombol Ini di WhatsApp, Tak Ada Lagi Gelisah

2. Hindari Men-Charge HP di Permukaan Empuk dan Lembut

Mengisi daya baterai HP di kasur, sofa atau pun segala permukaan yang lembut sudah menjadi kebiasaan para pengguna smartphone. Pasalnya kita dapat berbaring sembari membalas pesan yang masuk atau sambil menikmati tontonan di YouTube.

Namun ternyata hal tersebut justru dapat membuat ponsel lebih cepat panas. Pasalnya, kasur, sofa dan permukaan lembut lainnya bisa menyerap panas dari HP kita. Panas yang dikeluarkan mesin HP akan terperangkap. Cas HP di tempat-tempat yang permukaannya keras, seperti meja atau lantai.

3. Jangan Men-Charge HP Sepanjang Malam

Kebiasaan buruk lain pengguna perangkat canggih satu ini adalah membiarkannya menancap pada stop kontak sepanjang malam. Meninggalkan smartphone dalam posisi di-charge selagi kita tidur memang merupakan cara efektif memastikan besok kita siap beraktivitas tanpa perlu mengisi daya baterai.

Tetapi rupanya hal ini justru dapat menimbulkan pengaruh buruk pada HP Anda. Selain mengurangi efisiensi baterai, men-charge semalaman juga bisa membuat mesin smartphone menjadi overheat. Yang mengerikan adalah, ponsel bisa meledak dan terbakar karena di-charge terlalu lama.

4. Matikan Aplikasi yang Aktif di Background

Ada beberapa aplikasi yang meski tidak dibuka, namun tetap membuat prosesor HP terus bekerja tanpa henti. Prosesor yang bekerja terus-menerus tanpa henti dapat membuat smartphone Anda cepat panas dan juga menghabiskan daya baterai.

Biasanya aplikasi seperti ini terap aktif di background atau di balik layar. Untuk itu, sebaiknya pastikan tidak ada satu pun aplikasi yang aktif saat Anda tidak mengoperasikan smartphone. Masuk ke menu Setting dan cek semua aplikasi yang Anda miliki, apakah ada yang masih aktif.

5. Sinar Matahari Langsung adalah Musuh

Hindari paparan langsung dari sinar matahari dengan ponsel pintar Anda. Terutama bagi Anda para pemilik smartphone yang terbuat dari bahan plastik. Pasalnya kontak langsung dengan sinar matahari dapat menyebabkan ponsel semakin cepat panas.

6. Meski Terpaksa, Jangan Pakai Item Tak Resmi

Dengan alasan lebih murah, tidak sedikit pengguna smartphone yang membeli dan menggunakan charger atau pun baterai tak resmi. Padahal hal tersebut bisa berdampak buruk bagi HP. HP yang memakai charger atau baterai tak resmi berisiko lebih cepat panas.

Hal tersebut dikarenakan charger dan baterai tidak resmi mempunyai daya listrik yang jauh berbeda dengan smartphone Anda. Jadi, jika benar-benar terpaksa harus menggunakan charger atau baterai tak resmi, selalu pastikan benda tersebut sama daya listriknya dengan perangkat Anda.

Itulah 6 tips jitu mencegah ponsel pintar Anda cepat panas. Selamat mencoba!