Bahagia Sambut Jokowi, Isran Noor Sebut Kunjungan Presiden Bak Kaisar Khubilai Khan


SURATKABAR.ID – Melihat warganya berbahagia saat menyambut Kepala Negara RI pada Kamis (25/10/2018), Isran Noor selaku Gubernur Kalimantan Timur menyebut kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) ke wilayahnya bagaikan pucuk dicinta ulam tiba. Bak Kaisar atau Raja yang datang menilik, masyarakat senang lantaran bisa bertemu dengan orang nomor satu se-Indonesia tersebut.

Menurut Isran seperti dilansir Tempo.co, Jumat (26/10/2018), kebahagiaan masyarakat tampak jelas dari atensi mereka. Antusias warga menyambut Presidennya membuat jalanan macet. Sepanjang perjalanan dari Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto ke Samarinda Convention Hall menjadi padat dan ramai.

“Mulai dari pagi sampai sekarang sangat bahagia. Biasanya perjalanan dari Sungai Pinang, bandara tadi hanya sekitar 15 menit, ini 1 jam 15 menit. Macet jalan gara-gara Bapak Presiden nyalamin orang, singgah-singgah,” beber Isran dalam sambutannya di acara Muktamar Ikatan Dokter Indonesia ke-30 dan Muktamar Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) ke-21, di Samarinda Convention Hall, Kalimantan Timur, Kamis (25/10/2018).

Isran menambahkan, kebahagiaan itu baru pertama kali dirasakan warga Kalimantan Timur.

“Itu kebahagiaan yang tidak pernah terjadi seumur hidup rakyat kami, Pak,” tukasnya di depan Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Kalau yang Bagus-bagus Diem, Giliran Keliru Sedikit Demonya 3 Bulan

Isran juga mengungkapkan, ramainya warga yang memadati jalan untuk bertemu Jokowi merupakan gambaran kebahagiaan. Pasalnya, imbuh dia, warga Kalimantan Timur haus akan kunjungan raja atau presidennya.

“Ibaratnya sebuah Kaisar zaman Kubilai Khan. Bahagia sekali kami. Saya dan seluruh masyarakat menyampaikan kegembiraan,” sebutnya lagi.

Disambut Bak Kaisar 

Kubilai Khan, alias “Khan Besar yang Terakhir”, adalah salah satu kaisar Mongolia yang paling tersohor sepanjang masa. Tak hanya terlahir sebagai cucu dan pewaris tahta Jenghis Khan, Kubhilai diketahui merupakan pendiri dari Dinasti Yuan di China.

Sekilas Khan menurut laman Historia.id, Khan juga pernah mencoba menguasai Tanah Jawa. Dari berita Cina, tentara Mongol tiba di Majapahit pada 1 Maret 1293. Sebelumnya, mereka mendarat di Tuban dan mendirikan perkemahan di tepi Sungai Brantas.

Ike Mese (Yikomusu) selaku komandan pasukan Mongol dikirim Kubhilai Khan untuk menaklukkan Kertanagara raja Singhasari. Khan juga mengirim tiga orang perwiranya ke perkampungan baru Majapahit untuk menyampaikan pesan agar Raden Wijaya tunduk serta mengakui kekuasaan Khan.

Diketahui, pada Kamis (25/10/2018), Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Samarinda. Kegiatan pertama yang dilakukan Jokowi yaitu meresmikan Bandar Udara APT Pranoto dan Bandara Maratua. Usai peresmian, Jokowi dan rombongan menuju rumah makan Warung Banjar Sari di Jalan Dr. Suwondo. Selama perjalanan, Jokowi beberapa kali turun dari mobil untuk bersalaman dengan warga dan anak-anak yang menyambut kedatangannya.

“Kami berharap mudah-mudahan bapak presiden dan ibu negara selalu dalam keadaan sehat walafiat, dilindungi Allah SWT. Kami doakan,” ujar Isran kemudian. Demikian dikutip dari Detik.com.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.