Heboh Video Petugas KAI Tundukkan Kepala di Samping Kereta, Ternyata Karena…


SURATKABAR.ID – Netizen kembali dihebohkan oleh tersebarnya sebuah video di media sosial. Video tersebut menampilkan sejumlah petugas Kereta Api Indonesia (KAI) yang berdiri berjajar di pinggir rel kereta api.

Tak hanya itu, petugas yang berdiri berjajar tersebut juga menundukkan kepala dan meletakkan tangan mereka di dada. Alhasil, video ini pun mengundang rasa penasaran netizen.

Terkait video viral ini, Kepala Humas PT KAI Agus Komerudin buka suara. Menurutnya, video tersebut menampilkan kebudayaan baru di Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

Kebudayaan tersebut dimulai ketika pemudik hendak pulang kampung pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah lalu. Para petugas, sengaja menundukkan kepala sebelum kereta api berangkat.

Baca juga: Kereta Api Hantam Mobil, Begini Kesaksian Relawan Penjaga Palang Pintu

Kebiasaan baik ini pun terus dilakukan sejak masa angkutan lebaran 2018 lalu.

“Ya, itu salah satu budaya di Daerah Operasi 1 Jakarta. Di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir atau di stasiun pemberangkatan Kereta Api Intercity (antar kota) di Daop 1 Jakarta,” terang Agus, Minggu (21/10/2018), seperti dilansir dari tribunnews.com.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan bahwa jika saat kereta akan berangkat ada pegawai atau pekerja PT KAI Daop 1 Jakarta di emplasemen atau peron pemberangkatan kereta, maka budaya unik ini akan terlihat.

“Maksudnya sebagai salah satu bentuk pelayanan dan budaya keramahan pegawai atau pekerja di lingkungan PT KAI. Sebagai bentuk salam hormat, dan sapaan terima kasih kepada penumpang kereta api,” lanjut Agus.

Sebelumnya, video ini diunggah oleh akun Twitter @SusiloELS, Jumat (19/10/2018) lalu. Dalam unggahannya itu, Susilo mengaku tersentuh atas kejadian tersebut.

I don’t know what it’s called, I don’t know why they do this. One thing I know: I’m touched, thrilled, and I think I had goosebumps seeing this. (Aku tidak tahu ini disebut apa. Aku tidak tahu mengapa mereka melakukan ini. Satu hal yang aku tahu, aku tersentuh, senang dan aku pikir aku merinding melihat ini),” tulisnya di Twitter.