Masuk Daftar Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia, Jokowi: Saya Tetap Akan Bekerja Apa Adanya


    SURATKABAR.ID  – Sama seperti tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali masuk dalam daftar “Top 50”. Kali ini, mantan Walikota Solo tersebut masuk dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia tahun 2019. Dikatakan Presiden Jokowi, penghargaan itu untuk seluruh rakyat Indonesia.

    “Alhamdulillah, saya kira sebuah penghargaan untuk kita semuanya, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” ujar Jokowi saat ditanya oleh jurnalis seusai berkunjung ke Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10/2018) seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam rilisnya kepada Tribunnews. Demikian dilansir pada Minggu (21/10/2018).

    Laman IDNTimes.com menyebutkan, Presiden Jokowi masuk dalam tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2019. Ia disebut lebih berpengaruh dibandingkan Ketua PBNU Said Aqil Siradj.

    “Saya kira ini penghargaan untuk kita semua, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” tukas Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara, Minggu (21/10/2018).

    Meski begitu, Presiden Jokowi menuturkan bahwa dirinya akan tetap fokus bekerja.

    Baca juga: Menampar! Jokowi Rajin Puasa Senin-Kamis, PDIP Singgung yang Suka Teriakkan Takbir

    “Tapi saya tetap terus akan bekerja apa adanya, seperti biasanya,” imbuh Jokowi.

    Sebelumnya, daftar tokoh muslim dunia paling berpengaruh tahun 2019 dikeluarkan oleh Pusat Studi Strategi Islam, lembaga riset mandiri yang berlokasi di Amman, Yordania.

    Selain Jokowi, sejumlah tokoh Islam Indonesia juga masuk dalam peringkat 50 besar.

    Di antaranya yaitu Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siradj, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, dan Rais Am Jamiyah Ahlu Tariqah Al Mu’tabarah an Nahdiyah, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

    Nama Presiden Jokowi berada pada urutan ke-16 dalam 50 daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia 2019. Daftar ini dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam, lembaga riset yang berbasis di Amman, Yordania.

    Selain Presiden Jokowi, tokoh Muslim Indonesia yang masuk daftar tersebut adalah Ketua PBNU Said Aqil Siradj yang menempati urutan ke-20.

    50 tokoh paling berpengaruh disaring berdasarkan 13 kategori. Lembaga riset di Amman tersebut mengelompokkan para tokoh muslim dunia berdasarkan 13 ketegori, antara lain akademisi di bidang keagamaan, politisi, pejabat urusan agama, ustaz, isu sosial, ekonomi, seni, bintang olahraga, hingga selebritas.

    Lembaga riset itu mengungkapkan, jumlah populasi umat Islam di dunia ini mencapai 1,9 miliar orang. Ini berarti persentase umat Islam mencapai 24,7 persen dari total penduduk bumi saat ini.

    [wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]