Parah! Indoensia Peringkat 2 Dari Bawah Untuk Hal Ini


gki gading serpong 24 jan 2016

Sebuah fakta terbaru yang sungguh membuat bangsa Indonesia harus malu. Indonesia berada di peringkat dua dari bawah untuk tingkat kemampuan membaca dan menulis. Dalam pemeringkatan literasi internasional, Most Literate Nations in the World, yang diterbitkan Central Connecticut State University, Maret, Indonesia menempatkan diri pada posisi nomer 60 dari 61 negara.

Peringkat itu dirilis pada awal Maret 2016, berdasarkan riset dari Central Connecticut State University, Amerika Serikat. Peringkat tersebut tidak menunjukkan tingkat melek baca, tapi merujuk kepada perilaku baca-tulis dan sumber daya pendukungnya di sebuah negara.

Berdasar pada hasil penelitian tersebut, perilaku baca-tulis di Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara lain.

“Masyarakat yang tidak memperbaiki perilaku baca-tulis, cenderung kotor (baca: korup), kekurangan gizi di pikiran dan tubuh, represif dalam soal hak asasi manusia, brutal, dan kasar,” kata Presiden Connecticut State University, John Miller, dalam kata pengantar studi itu.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan merasa bahwa kabar ini menjadi sesuatu yang tidak enak didengar.

“Indonesia hanya lebih baik dari Botswana. Ini kan tidak enak didengar,’’ katanya setelah rapat pembahasan RUU tentang Sistem Perbukuan di Komisi X DPR kemarin (12/4/2016), dilansir dari jpnn.com.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDinilai Langgar Hukum, Menteri Susi Dan DPR Sepakat Hentikan Reklamasi Jakarta
Berita berikutnyaBPK Dihina Ahok, Presiden Jokowi Hanya…