Videonya Bahas Islam dan Ulama Viral, Gatot Nurmantyo Langsung Disindir Pedas Soal Kehidupannya


SURATKABAR.ID – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sempat digadang-gadang sebagai calon presiden RI 2019. Namun, rencana tersebut gagal karena tak ada partai politik yang mengusungnya.

Kini, setelah tak lagi aktif di dunia militer maupun politik, Gatot lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan masyarakat melalui media sosial pribadinya.

Ia kerap kali membagikan video serta pernyataannya mengenai isu terkini. Yang terbaru adalah pidatonya mengenai ulama.

Dalam video tersebut, Gatot mengaku tak terima jika ada pihak yang mencoba mengkriminalkan dan menyudutkan ulama. Ia juga mengaku sinis terhadap pihak-pihak yang menyudutkan ulama.

“Sejak awal saya sinis, saya tidak suka, bagi siapapun kalangan yang menyudutkan dan mengatakan ulama radikal, kriminal ulama,” ujar Gatot dalam video yang dibagikan di Instagram pada rabu (18/10/2018) tersebut.

Baca juga: Sempat Ragu Pakai Sarung, Ini Jawaban Jokowi Saat Ditanya Ma’ruf Amin

Gatot melanjutkan, sebenarnya Pancasila dan UUD 1945 meniru Piagam Madinah yang isinya merangkul semua golongan dan agama yang ada.

“Kaum Quraisy dirangkul di Madinah. Di sini, agama Kristen, Hindu, Katolik, Budha, dilindungi. Tidak pernah diapa-apakan karena Islam adalah rahmatan lil alamin. Rahmat bagi alam, bukan hanya manusia,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Gatot berharap umat Islam dan ulama di Tanah Air mampu menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Video Gatot ini pun mendapatkan respon dari netizen. Salah satu netizen dengan akun @kartikadewilove meminta Gatot tak mencari panggung dengan cara memainkan isu agama. Ia juga menyinggung soal kehidupan pribadi Gatot.

Daripada pakai isu agama utk cari panggung, lebih baik bapak mengajak istri, anak, mantu dulu utk hijrah, berhijab. Kl sebagai pemimpin keluarga saja gagal mengajak istri, anak ke jalan yg lurus gmn mau ngurus negara? Eling pak,” kata akun tersebut.

Meski begitu, tak sedikit netizen yang memberikan dukungan dan doa kepada Gatot. “Salam persatuan buat bangsa Indonesia semoga kita selalu diberikan keselamatan dan bpk diberikan kesehatan,” tulis akun @kustaniah_azmi.