Hadiri Jogja Halal Festival, Ma’ruf Amin Beberkan Pengalamannya ke Korea


SURATKABAR.ID – Jojga Halal Festival 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, resmi ditutup, Minggu (14/10/18) malam.

Istimewanya, event yang baru pertama kali digelar itu ditutup Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) KH Ma’ruf Amin. Penutupan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan. Termasuk tarian dari daerah di Indonesia.

Dilansir dari tribunnews.com, Kiai Ma’ruf memberikan penghargaan dan apreasiasi tinggi kepada MES Yogyakarta yang berhasil menggelar Jojga Halal Festival 11-14 Oktober 2018.

“Saya berikan penghargaan karena festival berhasil dilaksanakan dengan dihadiri sekian banyak peserta dan pengunjung,” kata Kiai Ma’ruf dalam sambutannya sebelum menutup secara resmi Jogja Halal Festival 2018.

Baca Juga: Komentar Menohok GNPF Soal Eks 212 yang Dukung Jokowi

Kiai Ma’ruf menuturkan bahwa halal semula dimaksudkan untuk perlindungan kepada umat dari mengonsumi makan minum yang tidak halal. Menurut dia, memberikan perlindungan kepada umat dari yang tidak halal itu merupakan perintah agama.

Namun, Kiai Ma’ruf menegaskan, sekarang ini halal tidak hanya menyangkut persoalan makanan, tidak sekadar untuk memberikan perlindungan kepada umat.

“Tapi berkembang menjadi arena dan wilayah bisnis di seluruh dunia. Halal bukan hanya di Indonesia, tapi sudah menjadi isu global,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Dia menuturkan, kalau negara yang mayoritas nonmuslim saja sudah mengembangkan produk halal, harusnya Indonesia lebih bersemangat lagi untuk mengembangkannya. Bahkan, lebih sering lagi menggelar festival terkait produk halal.

“Saya selaku Ketua MUI pernah berkunjung ke Korea. Karena Korea ini mengembangkan halal. Bahkan saya sampai di satu daerah, namanya Naminara Island. Itu pulau Naminara, pusat wisata seluruh dunia. Disana saya disambut luar biasa. Sampai disambut spanduk welcome chariman MUI, Kiai Ma’ruf Amin. Saya bilang, saya di Indonesia tidak pernah di welcome-welcome. Tapi gara-gara halal, sampai di Korea saya di welcome-welcome,” papar Ma’ruf.