Dibuat 4 Tahun Lalu, Lukisan Gempa Tsunami Palu Ini Jadi Nyata. Pengakuan Pelukisnya Bikin Merinding!


    SURATKABAR.ID – Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi akibat gempa dan tsunami yang menghantam Donggala, Palu, serta Sigi, Sulawesi Tengah.

    Tak hanya itu, lebih dari 1.600 warga dikabarkan meninggal dunia. Sejumlah warga lainnya, belum diketahui keberadaan dan kondisinya. Banyak warga yang kehilangan anggota keluarganya.

    Bencana tersebut hingga kini masih menjadi perhatian serius. Akses ke tempat-tempat pengungsian pun sempat terputus sehingga sulit untuk menyalurkan bantuan.

    Beberapa hari belakangan bencana dahsyat ini kembali ramai dibicarakan. Pasalnya, sebuah foto yang dibuat 4 tahun silam menggambarkan bencana besar tersebut.

    Baca juga: FPI Balas Kehebohan Foto Hoaksnya dengan Aksi Nyata di Palu

    Seorang pria dengan akun Facebook Abe Zam-Zami Djalaludin mengunggah sebuah foto yang terlihat seperti lukisan di tahun 2014. Dalam foto tersebut, terlihat Kota Palu mengalami tsunami.

    Pria asal Toaya, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala ini mengaku bahwa ia membuatnya menggunakan aplikasi photoshop dan mengunggahnya ke Facebook.

    Dalam foto bikinannya itu, pria lulusan Jurusan Art design di Universitas Negeri Jakarta tersebut menggambarkan 3 orang bocah laki-laki dan kuda putih yang tampak berlari menyelamatkan diri ketika tsunami menghantam.

    Foto yang diunggah pada 4 Juni 2014 tersebut juga menunjukkan pemukiman penduduk yang luluh lantak akibat terjangan tsunami. Begitu pula jembatan yang terlihat ambruk.

    Saat mengunggah foto itu Abee tak menuliskan keterangan apapun. Ia hanya menandai sejumlah temannya di Facebook.

    Kini, foto tersebut jadi bahan perbincangan. Apalagi, di kolom komentar Abee mengakui bahwa dia membuat foto yang nampak seperti lukisan tersebut setelah mendapat sebuah mimpi.

    Singga di mimpiku itu le, makanya saya gambarkan di foto,” katanya menjawab pertanyaan seorang teman, seperti dilansir tribunnews.com, Senin (8/10/2018).

    Foto viral ini pun membuat netizen penasaran dengan kabar Abe dan keluarganya di Donggala.

    Menjawab rasa penasaran tersebut, Abe mengaku kondisinya kini baik-baik saja. Ia pun berterimakasih foto buatannya 4 tahun lalu dibagikan oleh sejumlah netizen. Selain itu, ia juga meminta doa.

    Buat teman2 yg sudah bagikan karya saya yg 4 tahun lalu terima kasih…
    Alhamdulillah saya dan keluarga besar istri n anak selamat dari bencana,
    semoga kita semua tetap diberikan ketabahan dan tawakal menghadapi cobaan yg diberikan-Nya,” katanya, Minggu (7/10/2018) di kolom komentar.