Membanggakan! Indonesia Panen Medali di Olimpiade Matematika Internasional


SURATKABAR.ID – Pada kompetisi Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Internasional (IMSO) di Provinsi Zhejiang, China yang digelar di Hailiang Education Park, 28 September-4 Oktober 2018, Tim Indonesia berhasil panen medali. Sebanyak 4 medali emas berhasil disabet oleh siswa berprestasi asal RI. Belum lagi dengan sejumlah medali perak dan perunggu lainnya yang berhasil diboyong siswa berprestasi dari Indonesia.

Dikutip dari laporan AntaraNews.com, Kamis (04/10/2018), kompetisi bergengsi ini tersebut diikuti oleh 500 murid sekolah dasar dari 20 negara, termasuk Indonesia dan China sebagai tuan rumah.

Diketahui, Indonesia mengirimkan dua tim untuk mengikuti IMSO ke-15 tersebut, masing-masing dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Klinik Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KPM).

Dalam ajang kompetisi internasional tersebut, tim Kemendikbud berhasil menggondol dua keping medali emas, 13 perak, dan delapan perunggu. Sementara itu, tim KPM juga unggul dengan perolehan dua emas, dua perak, dan delapan perunggu dari ajang yang digelar di wilayah timur daratan Tiongkok tersebut.

The Best Art Show Team

Tak hanya medali emas, para murid SD dari sejumlah kota di Indonesia itu juga meraih penghargaan kategori “The Best Art Show Team” atas penampilan para murid SD dalam membawa tari Saman pada sesi Malam Budaya di ajang tersebut. Demikian dilansir dari laporan Suara.com.

Baca juga: Tempati Peringkat Ke-2 Terbawah Setelah Afrika, Indonesia Darurat Matematika!

“Keberhasilan kedua tim ini tidak hanya berupa prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, melainkan juga menyimpan harapan agar para pelajar kita terus termotivasi meraih prestasi melalui kompetisi yang ketat di level dunia,” demikian Wanda Adriano selaku Pelaksana tugas Konsulat Jenderal RI di Shanghai menyampaikan harapannya.

Seperti diketahui, tak hanya kali saja Indonesia berhasil menorehkan prestasi terbaik di ajang kompetisi ilmu pengetahuan di China. Pada awal tahun ini, para remaja Indonesia berusia 14-17 tahun berhasil menyabet satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu dari ajang Kompetisi Matematika Dunia untuk kawasan Asia Timur (NEAMC).

NEAMC sendiri merupakan kompetisi kualifikasi menuju kejuaraan matematika dunia yang digelar setiap tahun.

Sementara itu, sebelumnya pada Bulan Juli lalu, kabar gembira juga datang dari Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI). Tim tersebut telah mempersembahkan empat medali perak di Olimpiade Biologi Internasional atau International Biology Olympiad (IBO) 2018, seperti dilansir dari laporan News.SoloPos.com.

Sebagaimana ditukil dari Kemdikbud.go.id, Selasa (23/07/2018) lalu, siswa Indonesia bersaing dengan 265 siswa dari total 68 negara peserta dalam IBO ke-19. IBO tahun ini berlangsung di Teheran, Iran, 15-20 Juli 2018.