Wajah Bengkak Ratna Sarumpaet Diduga Operasi Plastik, Instagram Atiqah Hasiholan Diserbu Netizen


SURATKABAR.IDBeredar kabar aktivis Ratna Sarumpaet dipukuli orang tak dikenal pada 21 September 2018 di Bandung. Kabar tersebut tersiar bersama sebuah foto pada Selasa, 2 Oktober 2018. Tampak potret wajah Ratna. Hampir seluruh mukanya lebam. Mata perempuan itu pun bengkak.

Dalam foto tersebut, Ratna mengenakan kemeja garis-garis. Di belakangnya terlihat ada tiang penyangga infus. Ratna seperti tengah duduk di tempat tidur rumah sakit.

Dalam sebuah pesan pendek yang beredar di grup WhatsApp wartawan, Ratna mengatakan. “Mereka kan yang punya kekuasaan dan senjata. Saya punya anak-anak dan keluarga yang seumur hidup menanggung stigma karena saya.”

Kabar pemukulan Ratna Sarumpaet sudah dibenarkan pengacaranya, Samuel Lengkey. Menurut Samuel, kliennya dipukuli orang tak dikenal saat berada di Bandung, Jawa Barat. “Iya benar, itu confirmed dia,” kata Samuel kepada Tempo, Selasa, 2 Oktober 2018.

Baca Juga: Komentari Kasus Ratna Sarumpaet, Fachri Hamzah: Ini Biadab

Namun, pagi ini beredar kabar bahwa lebam dan memar di wajah Ratna Sarumpaet merupakan akibat operasi plastik. Dalam dokumen Kepolisian Daerah Metro Jaya yang beredar di grup percakapan WhatsApp, Ratna Sarumpaet disebut-sebut menjalani operasi plastik di sebuah rumah sakit di kawasan Menteng, Jakarta Pusat dari 21 September sampai 24 September 2018.

Dalam dokumen itu, bahkan disebutkan polisi sudah mendatangi rumah sakit tersebut dan sudah memeriksa kamar tempat Ratna Sarumpaet menjalani operasi plastik.

Sementara itu, politikus Gerindra, Habiburokhman, ketika dikonfirmasi hal ini malah menjawab, “Anda tega bertanya seperti itu?”

Sejauh ini, baru Kepolisian Daerah Jawa Barat yang memastikan bahwa Ratna Sarumpaet tidak pernah dirawat di rumah sakit di Cimahi. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Komisaris Besar Umar Fana mengatakan sudah mengecek 8 rumah sakit di Cimahi. Namun, hasilnya nihil. Soal pengecekan rumah sakit di Cimahi ini juga tertuang dalam dokumen Polda Metro Jaya tersebut.

Kabar Ratna Sarumpaet dipukuli pun dengan cepat menyebar di dunia maya. Netizen yang penasaran bahkan membanjiri Instagram putri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan.

Kolom komentar unggahan terakhir Atiqah Hasiholan yang memajang putrinya justru dipenuhi pertanyaan seputar kebenaran kabar tersebut.

“Gimana kondisi ibu ratnasarumpaet kak @atiqahhasiholan,” tanya seorang netizen.

“@atiqahhasiholan, benarkah bunda Ratna Sarumpaet di pukuli orang hingga lebam mbak?” tanya netizen lain.

Selain itu banyak pula netizen yang menyinggung tentang kabar operasi plastik yang dilakukan ibunya.