Siap Sedia Bantu Pemerintah, Prabowo-Sandiaga Sepakat Hentikan Kampanye


SURATKABAR.ID – Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tegas menyatakan kesiapannya mendukung pemerintah dalam membantu para korban terdampak bencana gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Prabowo, diwartakan SuaraSurabaya.net, pada Selasa (2/10/2018), mengungkapkan bahwa pihaknya sepenuhnya mendukung setiap langkah yang diambil pemerintah demi membantu mengurangi penderitaan yang tengah dirasakan warga Palu dan Donggala.

“Kami mendukung sepenuhnya setiap langkah-langkah pemerintah. Kami nyatakan siap bila diminta untuk menyediakan relawan-relawan kami untuk digunakan,” kata Prabowo ditemui di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (1/10) malam.

“Kami juga punya tim medis, relawan-relawan dokter kami dan pemuda-pemuda kami dan kami sampaikan siap membantu pemerintah setiap saat diminta,” imbuh mantan Danjen Kopassus tersebut dengan tegas.

Ia kemudian memastikan tidak akan mempolitisasi peristiwa gempa dan tsunami tersebut dengan cara melakukan kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di daerah-daerah Sulawesi Tengah, khususnya wilayah yang terkena bencana alam.

Baca Juga: Ketika Dahsyatnya Tsunami Palu Bikin Para Ilmuwan Dunia Terheran-Heran, Ini Penyebabnya

“Kami memutuskan sementara menghentikan kampanye di Sulteng dan menunda beberapa kegiatan. Kami tidak ingin mengganggu pemerintah dan kita mendukung penuh, kita ingin aparat konsentrasi di sana,” tutur Prabowo lebih lanjut.

Politisi dari Partai Gerindra ini mengaku sangat prihatin serta berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban dan keluarga korban. Ia juga turut memanjatkan doa agar keadaan bisa segera pulih kembali. “Kami berdoa agar keadaan cepat pulih dan cepat aman,” ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari laman Kompas.com pada Senin (1/10/2018), Prabowo akan menginvertarisasi para relawan dari sayap organisasi partai untuk membantu proses evakuasi korban di kawasan terdampak gempa dan tsunami.

“Kami segera mengumpulkan petinggi-petinggi partai, kemudian sayap-sayap partai, kami ingin menghimpun dana dan bantuan untuk dikerahkan ke situ. Selanjutnya kami ingin menginventarisasi relawan-relawan dari sayap-sayap organisasi untuk dikirim membantu aparat di daerah bencana,” jelas Prabowo.

Dalam kesempatan yang sama, cawapres Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan dengan adanya bencana alam yang melanda beberapa wilayah di Indonesia seharusnya bisa menyatukan seluruh elemen bangsa dalam memberikan dukungan, baik secara moril maupun materi.

“Dan komitmen kami berdua sepakat bergotong royong untuk membantu Palu dan Donggala, ini merupakan kesempatan kita meninggalkan sementara politik dan kita memperkuat saudara-saudara kita,” ujar Sandiaga.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]