Uji Bakar 5 Merek Kopi Bubuk Sachet, Lihat Hasilnya. Mengejutkan!


    SURATKABAR.ID – Beberapa waktu lalu, pengguna jagat maya digegerkan dengan sebuah video yang menampilkan eksperimen sederhana untuk membuktikan bahaya dari kopi produk Luwak White Koffie. Pasalnya, saat disulut dengan api bubuk kopi sachet tersebut langsung membentuk percikan yang cukup besar.

    Dan, seperti yang dilansir dari laman Tribunnews.com pada Senin (1/10/2018), 5 merek kopi sachet berbeda dipilih guna membuktikan kebenaran percobaan tersebut. Kelima jenis kopi bubuk tersebut harus menjalani proses serupa. Lantas bagaimanakah hasilnya?

    1. Kopi Pertama

    Pada uji coba pertama, bubuk kopi langsung terbakar dan menyemburkan api cukup besar ketika ditaburkan ke api yang menyala. Dalam kemasan, tertulis keterangan kopi sachet ini mengandung gula, krimer nabati, dan hanya 15 persen kopi.

    2. Kopi Kedua

    Tidak ada percikan api yang terbentuk ketika percobaan kedua dilakukan. Pasalnya, kopi sachet kedua hanya mengandung dua bahan pokok saja. Seperti yang tertera di kemasannya, hanya ada kandungan dula dan kopi sebanyak 26 persen.

    Baca Juga: Viral Video Kopi Instan Mudah Terbakar, Begini Penjelasan Resmi BPOM

    3. Kopi Ketiga

    Sama seperti pada percobaan pertama. Bubuk kopi ketiga juga menunjukkan reaksi terbakar serta menimbulkan percikan ketika disulut api. Bisa ditebak, bahan percobaan ketiga juga mengandung krimer nabati, gula dan kopi.

    4. Kopi Keempat

    Untuk uji coba selanjutnya, bubuk kopi kemasan sama sekali tidak menunjukkan reaksi apa pun ketika disulut dengan api. Pada kemasannya, tertera komposisi gula, krimer nabati, dan kopi 14,1 persen. Selain itu juga ada kandungan susu bubuk.

    5. Kopi Kelima

    Bubuk kopi yang diuji terakhir hanya mengandung kopi murni 100 persen. Dan karena tidak memiliki kandungan bahan tambahan lain berupa krimer nabati, bubuk kopi kelima juga tidak menunjukkan reaksi apa pun saat dituangkan ke atas api.

    Lihat percobaannya dalam video di bawah ini:

    Tanggapan dari BPOM

    Menanggapi eksperimen yang viral di berbagai media sosial, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun langsung mengeluarkan tanggapan tegas. Melalui situs resmi www.pom.go.id, BPOM menegaskan bahwa kopi luwak aman dikonsumsi, dilansir dari Grid.id, Senin (1/10/2018).

    “Produk tersebut telah melalui evaluasi keamanan dan mutu oleh BPOM RI serta telah mendapatkan nomor izin edar. Apabila produk pangan sudah memiliki nomor izin edar BPOM RI, berarti produk tersebut aman untuk dikonsumsi,” jelas BPOM di laman resmi pom.go.id, pada Minggu (30/9) lalu.