Memasuki Masa Kampanye, Demokrat Bandingkan Capaian Era SBY dan Jokowi

    SURATKABAR.IDMemasuki masa kampanye Pemilu Legislatif dan Presiden 2019, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik gencar menyerang perkembangan ekonomi di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Lewat rangkaian kicauan di akun Twitter-nya, Rachland membandingkan pertumbuhan ekonomi RI antara di bawah Jokowi dan saat dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

    Semua pemerintahan baru tanpa kecuali mewarisi utang pemerintahan sebelumnya. Bedanya, ada yang bisa mengelolanya hingga produktif pada pertumbuhan ekonomi, melunasi utang pada IMF, menurunkan rasio utang pada PDB. Ada juga yang semuanya tak mampu,” ujar Rachland, dikutip CNNIndonesia, Rabu (26/9/2018).

    Pada rangkaian kicauan selanjutnya, Rachland pun bermonolog dengan pertanyaan ataupun pernyataan yang biasa diungkap ketika grup Demokrat mengkritik pemerintahan Jokowi.

    Kami tak pernah memulai membandingkan. Tapi barangkali Anda bisa mulai membela argumen itu dengan menunjukkan: Berapa janji pemilu Jokowi yang dalam 4 tahun ini sudah dipenuhi?” demikian salah satu rangkaian kicauan Rachland.

    Baca juga: Viral Video Keluarga Khong Guan, Diduga Menggambarkan Angka Kemiskinan Era Jokowi

    Rachland kemudian melanjutkan pada awal pemerintahan SBY (2004) Ketua Umum Partai Demokrat itu mendapat warisan konflik horizontal, separatisme, ekonomi yang ambruk, juga ketidakpercayaan internasional.

    Selain itu, kata dia, Indonesia juga diuji bencana alam. Beberapa bencana alam yang paling dahsyat pada pemerintahan SBY adalah meletusnya Gunung Merapi, serta gempa dan tsunami yang menghantam Sumatra hingga pesisir selatan Jawa.

    Satu-satu diselesaikan sambil memupuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan… Jokowi tak diwarisi satu pun dari problem itu… Kok hasilnya begini?” kicau Rachland.

    Bukan hanya men-tweet, Rachland pun melakukan retweet kicauan pihak lain soal data-data yang membandingkan pemerintahan Jokowi dan SBY. Di antaranya pertumbuhan ekonomi periode pertama SBY (2004-2008) yang dibandingkan dengan pemerintahan Jokowi kini.

    [wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]