Hanya Dipajang Sejak Beli Pada 1962, Vespa Ini Ternyata Milik…


SURATKABAR.ID – Kebanyakan orang akan membeli kendaraan bermotor untuk digunakan bepergian. Namun, berbeda dengan pria yang satu ini.

Bagaimana tidak, sejak membeli Vespa seri VBB pada tahun 1962, kendaraan tersebut sama sekali tak pernah digunakan. Bahkan, spedometernya menunjukkan angka 0.

Vespa unik tersebut ikut dipajang di Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 yang digelar di Yogyakarta, 22-23 September 2018. Bahkan, ia dipajang terpisah dengan sekitar 300-an skuter lainnya.

“Sejak dibeli tahun 1962, Vespa itu memang tak pernah dihidupkan apalagi dipakai jalan. Cuma dipajang,” tutur Andi Wardana sang pemilik Vespa VBB 1962 tersebut, Minggu (23/9/2018), seperti dilansir dari tempo.co.

Baca juga: 49 Hari Hanyut Hingga ke Jepang, Aldi Berhasil Selamat Karena Hal Ini

Karena selama ini hanya dipajang dan sama sekali tak dipakai, Vespa tersebut orisinil seluruhnya. Mulai dari mesin hingga aksesoris masih asli seperti saat awal membeli.

Menurut Andi, ia belum lama mendapatkan Vespa unik tersebut dari seorang kolektor Vespa di daerah Pantura. Pengusaha yang bertempat tinggal di Cipete, Jakarta Selatan tersebut mengisahkan, kolektor yang ditemuinya awalnya menunjukkan 100 Vespa yang menjadi koleksinya.

Vespa-vespa tersebut terawat rapi di garasi sang kolektor. Hingga kemudian, sang kolektor mempertemukan Andi dengan Vespa VBB 1962 yang sengaja disendirikan dan disimpan di dalam rumah.

Pertemuan itu membuat Andi jatuh cinta dan meminang si vespa. Setelah negosiasi, harga pun ditentukan. Andi mengaku harus merogoh kocek Rp 200-300 juta untuk Vespa VBB 1962 tersebut. Sang kolektor berani melepas benda langka tersebut karena Andi adalah teman dari sahabat kolektor.

“Saat deal harga itu, kolektornya menangis karena sedih, saya juga dilarang mendorong Vespa itu saat ke luar rumah, tapi harus dibopong, hehe,” ungkap Andi yang menggunakan jasa towing untuk membawanya.

Andi mengaku berani membayar mahal untuk Vespa tersebut karena ia paham betul bahwa seri VBB yang diproduksi Piaggio pada 1962 dianggap tonggak master piece VBB yang legendaris.

“Di Indonesia saya dengar hanya dua seri VBB yang juga tak pernah dipakai dan masih 0 kilometer, tapi saya belum pernah lihat wujudnya, cuma mendengar,” akunya.

Vespa langka ini pun belum sempat dibawa pulang ke Jakarta karena langsung dibawa untuk mengikuti ajang Indonesia Scooter Festival di Yogya.

Sementara Ketua Panitia ISF 2018 Dwi Yudha mengaku baru kali ini melihat langsung Vespa VBB dalam kondisi orisinil dan belum dipakai sama sekali. “Kalau ketemu Vespa begini jangan tanya harganya. Pasti tak ternilai,” kata Yudha.