Sindir Jokowi, Sandiaga Ungkap Tukang Masak Proyek Infrastruktur Pemerintah Ternyata TKA


SURATKABAR.ID – Calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno kembali menyinggung soal lapangan kerja. Menurutnya, ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini masuk ke level pesimis.

Sandiaga mengungkap, proyek pembangunan infrastruktur di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih mengutamakan pekerja asing dibanding anak bangsa. Salah satu contohnya, menurut Sandiaga adalah proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Ia mengaku heran karena dalam proyek tersebut banyak digunakan pekerja impor alias. tenaga kerja asing (TKA). Bahkan, untuk tukang masaknya juga.

“(Seperti) proyek pembangunan PLTU, di mana tenaga kerjanya itu, jangankan insinyurnya, tukang masaknya juga dari luar negeri,” ujar Sandiaga di Gedung Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (23/9/2018), seperti dilansir dari tribunnews.com.

Baca juga: Menilik Sejumlah Prestasi Presiden Jokowi

Oleh karena itu, Sandiaga menyebut bahwa saat ini terjadi kesenjangan antara tingkat ketersediaan lapangan pekerjaan dengan pemberdayaan masyarakat. Bahkan, menurut Sandiaga, ketersediaan lapangan pekerjaan kini masuk ke level pesimis di mata masyarakat pencari kerja.

“Tukang masaknya dari luar negeri. Mulai terlihat data-datanya. Seperti bagaimana ketersediaan lapangan pekerjaan ini sekarang masuk ke level yang pesimis,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi belum berorientasi dan fokus pada pembangunan ekonomi dengan cara merangkul putra-putri terbaik bangsa.

“Karena kita belum melakukan orientasi agar pembangunan ekonomi kita ini, lapangan kerjanya terbuka untuk putra-putri terbaik bangsa,” lanjut Sandiaga.

Setelah mengkritisi hal tersebut, Sandiaga pun berjanji bahwa dia dan capres Prabowo Subianto akan fokus pada pembangunan ekonomi yang berkonsentrasi pada kekuatan bangsa dengan memberdayakan putra-putri bangsa.

“Kalau kita lihat, kita harus fokus pada pembangunan ekonomi yang berkonsentrasi kepada kekuatan bangsa kita,” tukan Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga menuturkan bahwa masalah ekonomi akan menjadi salah satu pilar utama dalam agenda kampanye selama 7 bulan ke depan.

Untuk itu, selama kampanye Prabowo-Sandiaga akan menawarkan solusi terkait lapangan pekerjaan dan kestabilan harga bahan pokok.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]