Beringas! Detik-Detik Suporter Persija Dikeroyok Massa di GBLA, Sempat Minta Tolong Tukang Bakso Tapi…


SURATKABAR.ID – Berita duka kembali datang dari dunia sepak bola Tanah Air. Suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila (23), tewas usai menjadi bulan-bulanan massa jelang duel Persib Bandung dan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, pada Minggu (23/9) kemarin.

Aksi pengeroyokan tersebut, menurut informasi yang dikumpulkan kepolisian, terjadi pada Minggu siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Pria asal Cengkareng, Jakarta Barat, tersebut dihajar habis-habisan oleh sekelompok oknum di area parkir GLBA, seperti diwartakan CNNIndonesia.com, Senin (24/9/2018).

Insiden pengeroyokan bermula ketika perhatian massa terpaku pada sebuah peristiwa di sekitaran gerbang biru GLBA. Menurut keterangan saksi, massa rupanya mendapati satu orang dikejar oleh sekerumunan orang.

Kelompok orang tersebut meneriakkan kalimat provokatif untuk mengungkapkan bahwa pria yang mereka kejar merupakan suporter dari Persija Jakarta. Ketegangan mulai tak terbendung, membuat Haringga tak berkutik. Haringga sempat meminta pertolongan kepada tukang bakso yang ada di lokasi.

Namun apa daya, kemarahan massa tak dapat ditahan. Haringga pun terpojok dan memudahkan kelompok oknum semakin mudah menghadiahinya dengan bogem mentah, kayu balok, piring, botol, dan benda lainnya. Tak dapat menghindar dari amuk massa, kondisi Haringga seketika kritis.

Baca Juga: Heboh Video Ketum PSSI Tampar Suporter PSMS Medan, Begini Fakta Dibaliknya

Aksi pengeroyokan berhasil diabadikan oleh salah seorang suporter Persib yang kebetulan menyaksikan langsung kejadian tersebut. Video rekaman itu kemudian menjadi alat bukti bagi polisi dalam mengusut perkara lebih dalam.

Satreskrim Polrestabes Bandung langsung bergerak dan mengamankan setidaknya enam orang yang dicurigai sebagai tersangka pengeroyokan, serta satu orang lainnya sebagai saksi kunci kejadian beringas tersebut.

Sementara itum jenazah Haringga dilarikan ke RS Sartika Asih guna dilakukan autopsi. Menurut rencana, pihak keluarga akan membawa jenazah ke kampung halamannya di Jatibarang, Indramayu untuk dikebumikan.

Terkait insiden berdarah tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara. Keduanya menyesalkan sepak bola Indonesia kembali harus tercoreng akibat ulah oknum suporter yang nekat mencederai upaya sportifitas dua rival tim Persib dan Persija.

Laga antara Persib dan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9) kemarin berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk tuan rumah.