Waduh! Videonya Tiru Suara dan Gaya Jokowi Viral, Kini Tersiar Kabar Sony Bakal Dipolisikan


    SURATKABAR.ID – Baru-baru ini pengguna media sosial digemparkan oleh aksi seorang mahasiswa bernama Sony Al-Ihsan Marta yang dengan begitu lihainya menirukan suara serta gaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat sedang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pemburu berita.

    Berkat video tersebut, sosok Sony menjadi viral dan menerima banyak apresiasi. Namun informasi terbaru yang berhembus justru bikin siapa pun terperanjat. Pasalnya tersiar kabar bahwa Sony bakal dipolisikan akibat meniru suara presiden, dilansir dari laman Detik.com pada Sabtu (22/9/2018).

    Menanggapi hal tersebut, Sony buka suara. Melalui sambungan telepon, ia mengaku sampai saat ini belum mendapat laporan langsung yang menyebut dirinya harus berurusan dengan pihak berwajib. Pemuda ini mengungkapkan baru melihat pemberitaan di salah satu media.

    “Tidak ada yang kontak saya (soal dipolisikan). Saya perhatikan Cuma ada di salah satu laman website,” ujar Sony, Jumat (21/9) kemarin.

    Awalnya mahasiswa jurusan hukum ini mengaku kaget, namun kabar tersebut tak membuatnya terlampau cemas. Pasalnya, aksi kreatif yang dilakukannya tidak termasuk kasus yang bisa diperkarakan di jalur hukum.

    Baca Juga: Viral Gara-Gara Dahulukan Ambulans daripada Rombongan Presiden, Begini Pengakuan 4 Polisi Solo

    “Pertama kaget, tapi tidak khawatir. Saya pernah lihat video-video Butet Kertaradjasa di depan wapres dan pejabat menirukan Soeharto dan tokoh lain untuk komedi. Sudjiwo Tedjo juga pernah menirukan Soeharto,” ungkap Sony lebih lanjut.

    “Saya mahasiswa hukum. Di parodi itu tidak ada delik hukum,” imbuh pemuda yang menimba ilmu di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim ini.

    Ketika dimintai tanggapan terkait videonya yang besar kemungkinan bisa digiring ke ranah politik, mengingat persaingan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 semakin dekat, Sony dengan tegas menjelaskan bahwa videonya dibuat bukan untuk mendukung salah satu pasangan calon.

    “Memang sekarang tahun politik, jadi netizen lebih sensitif. Kalau saya lihat, video saya bisa menguntungkan dua belah pihak. Kan bisa dijadikan hiburan untuk pendukung masing-masing kandidat,” jelas Sony.

    Dalam video yang diunggah akun Twitter @Reiza_Patters pada Rabu (19/9), Sony tampak sangat cakap saat menjawab pertanyaan seputar kondisi Indonesia saat ini. Yang bikin heboh adalah, suara si pemuda yang begitu mirip dengan Jokowi, bahkan gayanya saat tertawa. Begitu juga bahasa tubuh Sony.

    “Hehehe. Ya itu sudah saya katakan, bahwa kenaikan-kenaikan itu biasa. Dollar terhadap rupiah ya, kita hadapi sebagai masyarakat cerdas, berbangsa. Saya kira itu,” ujar pemuda dalam video tersebut.

    Lalu terdengar seseorang yang bertugas sebagai peliput berita pura-pura, mengajukan pertanyaan, “Mengatasi ini bagaimana, Pak, terhadap kenaikan dollar?”

    Untuk menjawab pertanyaan ini, Sony memeragakan gaya khas Jokowi. “Mengatasi, yang namanya mengatasi ya, tidak dibawahi. Dibawahi, mengatasi. Saya pikir Anda sebagai jurnalis ya, bisa memberikan anunya itu lebih. Ya, itu saya rasa. Sudah saya mau…,” ujarnya sambil berlalu meninggalkan kamera.

    Lihat videonya di bawah: