Setelah Khofifah, Kini Giliran Emil Dardak Mundur dari TKD Jokowi-Ma’ruf. Alasannya Agar Bisa…


SURATKABAR.ID – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak beserta sejumlah tokoh di tim pemenangannya akhirnya menyatakan mengundurkan diri dari Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Meski demikian, keduanya mengaku masih akan tetap memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 melalui jaringan santri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Tim Pemenangan Khofifah-Emil selama masa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 lalu, HM Zahrul Azhar Asumta, seperti yang dilansir dari laman Republika.co.id, Jumat (21/9/2018).

“Kalau Bu Khofifah, kemarin sudah mengumumkan sendiri pengunduran dirinya dalam kesempatan menghadiri acara di Mojokerto. Sekarang saya melalui kesempatan ini mewakili Mas Emil Elestianto Dardak menyampaikan mpengunduran diri beliau dari TKD Jokowi-Ma’ruf,” ungkap HM Zahrul Azhar Asumta dalam konferensi pers di Surabaya, Jumat (21/9) petang.

Pria yang lebih akrab disapa dengan panggilan Gus Hans ini menyampaikan berita pengunduran diri pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih Khofifah-Emil dari TKD Jokowi-Ma’ruf di sela-sela jumpa pers Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) yang menyatakan dukungannya untuk tim petahana.

Baca Juga: Blak-Blakan! Dukung Kubu Petahana, Khofifah Ogah Masuk Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Karena Alasan Ini

Sebelumnya diberitakan, dalam TKD Jokowi-Ma’ruf di wilayah Jawa Timur yang diketuai oleh mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Machfud Arifin, nama Khofifah dan Emil tercatat sebagai dewan penasihat dan dewan pengarah.

Adapun alasan Emil Dardak mengikuti jejak Khofifah untuk mundur dari TKD Jokowi adalah untuk fokus memenangkan kubu petahana melalui JKSN. “Ibu Khofifah dan Mas Emil menyatakan mundur dari TKD karena ingin fokus memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf melalui JKSN,” ungkap Gus Hans.

Dalam jumpa pers tersebut turut dihadiri KH Asem Saifuddin Chalim dan Masnuh. Dua tokoh tersebut merupakan sosok yang memiliki peran paling penting dalam pemenangan pasangan Khofifah-Emil dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 lalu. Nama keduanya juga tercantum dalam TKD Jokowi-Ma’ruf wilayah Jawa Timur.

Pada kesempatan ini, Asep dan Masnuh sama-sama menyuarakan pengunduran diri dari TKD Jokowi-Ma’ruf. Mereka menyebut alasan serupa seperti Khofifah dan Emil. “Biar selanjutnya kami fokus memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf melalui JKSN,” tutur Asep.