7 Negara Terkecil yang Tak Banyak Dikenal, Republik Molossia Hanya Dihuni 7 Orang!


SURATKABAR.ID – Di antara lebih dari dua ratus negara di Bumi, kemungkinan besar Kamu pasti sudah pernah mendengar nama-namanya setidaknya satu kali. Meski begitu, ada beberapa negara dan kawasan di planet kita yang misterius dan indah ini, yang belum semua orang ketahui keberadaannya.

Tempat-tempat ini berlokasi di area yang sangat kecil, dan beberapa di antaranya dihuni oleh hanya sejumlah kecil orang. Negara apa saja itu? Mengutip laporan TribunTravel.com dari laman ourtripguide.com, Jumat (21/09/2018), 7 negara terkecil di dunia yang tak banyak dikenal orang.

  1. Palau

Area: 459 km persegi | Populasi: 21.347 orang

Republik Palau merupakan sebuah negara kepulauan yang berisi lebih dari tiga ratus pulau dengan berbagai ukuran. Sebenarnya, Palau ialah satu tempat terindah di dunia, dengan hutan hujan menakjubkan yang dipenuhi burung dan tanaman luar biasa, dan perairan teritorial yang dihuni oleh 130 spesies hiu yang terancam.

Baca juga: Ilmuwan Ungkapkan Bukti Baru Lokasi Perahu Bahtera Nabi Nuh

Anehnya, banyak orang yang belum pernah mendengar tentang bagian dunia yang kaya ini. Pemandangan paling luar biasa di negara ini ialah danaunya yang menampung lebih dari 2 juta ubur-ubur. Namun jangan khawatir, ubur-ubur ini telah kehilangan kemampuan mereka untuk menyengat.

Uniknya lagi, tak banyak yang tahu bahwa Palau  adalah salah satu negara tetangga Indonesia selain Malaysia, Singapura, Australia, Papua Nugini, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

  1. Niue

Luas: 261,46 km persegi | Populasi: 1.190 orang

Niue adalah negara pulau yang sangat kecil yang terletak di Oceania. Terlepas dari pemandangan yang menakjubkan yang dimilikinya, turis jarang dapat ditemukan di sana. Itulah sebabnya negara ini sangat bergantung pada bantuan asing, terutama dari Selandia Baru.

Menariknya, ibu kotanya sebenarnya adalah desa kecil dengan populasi yang kurang dari 600 orang. Namun, Niue mempunyai bandara sendiri dan supermarket yang sebenarnya, yang merupakan satu-satunya di seluruh negara kecil itu.

  1. Saint Kitts dan Nevis

Area: 261 km persegi | Populasi: 52.329 orang

Negara bagian ini mempunyai dua pulau: Nevis dan Saint Kitts. Satu sumber utama pendapatan di Saint Kitts dan Nevis yaitu program kewarganegaraan ekonomi yang memungkinkan siapa pun yang memiliki jumlah minimal USD 250.000 dapat berinvestasi secara lokal di industri gula mereka. Dan dengan demikian mendapatkan status sebagai warga negara resmi St. Kitts.

Ada juga cara lain untuk mendapatkan kewarganegaraan, dan itu melalui membeli properti senilai setidaknya USD 400.000 di Saint Kitts atau Nevis.

  1. Kerajaan Sungai Hutt

Luas: 75 km persegi Populasi: 30 orang

Kerajaan Sungai Hutt merupakan sebuah negara mikro yang terletak di provinsi dengan nama yang sama di Australia. Secara historis kerajaan ini didirikan oleh Leonard Casley, yang memutuskan untuk secara resmi menyatakan ladangnya sebagai negara baru dan merdeka.

Kendati negara itu sebenarnya tak diakui oleh negara manapun, ia masih mempunyai paspor, perangko, dan mata uangnya sendiri.

Di seluruh wilayah kerajaan yang berbeda, pengunjung dapat melihat representasi pahatan dari bagian atas Yang Mulia Pangeran Leonard I dari Hutt.

  1. Tuvalu

Area: 26 km persegi | Populasi: 10.959 orang

Tuvalu bukan hanya satu negara terkecil di dunia, tapi juga yang termiskin. Untungnya, berkat domain Internet ‘.tv’, yang diberikan kepada Tuvalu, situasi ekonomi negara yang sangat kecil ini telah diselamatkan. Domain itu benar-benar menambah jutaan dolar ke anggaran negara setiap tahun.

  1. Nauru

Area: 21 km persegi| Populasi: 9.591 orang

Nauru merupakan negara pulau terkecil serta republik independen terkecil di dunia. Republik kecil ini tidak memiliki modal resmi atau sistem transportasi umum, dan dua puluh mil dari jalannya digunakan oleh penduduk setempat yang mengendarai kendaraan mereka sendiri.

Nauru sangat tak populer sebagai tujuan wisata, terutamanya lantaran masalah lingkungan. Fakta mengejutkan lainnya tentang negara kepulauan terkecil ini ialah jumlah individu yang obesitas, dengan tingkat lebih dari 70% di seluruh negeri.

  1. Republik Molossia

Luas: 0,055 km persegi | Populasi: 7 orang

Sebenarnya, Republik Molossia adalah republik yang didirikan oleh Kevin Baugh. Republik Molossia terletak di Nevada, Amerika Serikat. Populasi terdiri dari Kevin Baugh sendiri dan keluarganya, serta tiga anjing keluarga, satu kucing, dan satu kelinci.

Selain itu, Republik Molossia juga mempunyai bendera nasional, lambang nasional, dan lagu kebangsaan. Mereka bahkan telah mengizinkan hukuman mati untuk kejahatan yang sangat serius.

Republik terkecil ini mengeluarkan paspor sendiri dan secara mengejutkan juga mempunyai program luar angkasa. Baru saja pada Mei 2017, Molossia merayakan hari jadinya ke-40.