Bijak! Ijtima’ Ulama II Dukung Prabowo-Sandiaga, Ini Tanggapan Jokowi


SURATKABAR.ID – Ijtima’ Ulama II Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) memutuskan untuk mendukung capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Dalam kegiatan yang digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Minggu (16/9/2018) tersebut juga Prabowo juga berjanji akan memulangkan Habib Rizieq Shihab jika terpilih menjadi presiden.

Mengenai arah dukungan para ulama yang tergabung dalam Ijtima’ Ulama II, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut memberikan komentar. Ia mengaku tak mempersoalkan dukungan tersebut.

“‎Indonesia negara demokrasi, sering saya sampaikan ada satu kelompok pendukung pak Prabowo, ada kelompok lain dukung saya dan Kiai Maruf, ya ini demokrasi, silahkan enggak dilarang,” tegas Jokowi di Inews Tower, Jakarta, Senin (17/9/2018), dilansir tribunnews.com.

Baca juga: Ijtima’ Ulama II Dukung Prabowo-Sandiaga, Begini Tanggapan Kiai Ma’ruf

Jokowi menegaskan, saat ini pihaknya juga mendapat dukungan dari kelompok ulama. Menurutnya, sejumlah ulama telah memutuskan untuk mendukung KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

“Tidak bisa ditutup-tutupin, memang faktanya seperti itu,” lanjutnya.

Meski saat ini ada perbedaan arah dukungan, Jokowi berharap pada Pilpres nanti yang diutamakan adalah gagasan program atau ide yang akan dijalankan.

“Pemilu kontestasi gagasan, hasil kerja prestasi rekam jejak, jangan sampai kita dalam pilpres ini memakai SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) lagi, cara fitnah yang saya kira tidak mendewasakan mematangkam demokrasi kita,” kata Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Kiai Ma’ruf juga tak mempermasalahkan arah dukungan Ijtima’ Ulama II. Ia tetap optimis akan memenangkan Pilpres mendatang.

Selain itu, Kiai Ma’ruf menyebut bahwa ia mendapat dukungan dari sekitar 400 ulama dari pondok pesantren. Ia pun mengaku tak takut ditinggalkan oleh kalangan ulama.

“Ulamanya benar-benar ulama, kiai, dan itu mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Jadi gak ada masalah,” ujar Kiai Ma’ruf di Rumah KMA, Jalan Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (16/9/2018), dikutip dari republika.co.id.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.