Di Luar Dugaan! Rupanya Ini Alasan Pria Menikahi Wanita yang Lebih Tua, Nomor 1 dan 5 Kerap Salah Taksir


SURATKABAR.ID – Siapa sangka, ternyata menikahi wanita yang lebih tua bisa memiliki begitu banyak kebaikan. Salah satunya adalah memberikan dampak positif bagi kesehatan. Alasannya berkaitan erat dengan usia psikologi.

Berbeda dengan laki-laki, usia psikologi kaum hawa lebih muda dibandingkan dengan usia aktual mereka yang sebenarnya. Sementara itu pada kaum adam, usia psikologi mereka tak jauh berbeda bahkan bisa dikatakan nyaris sama dengan usia sesungguhnya.

Dilansir Detik.com dari Psychology Today pada Minggu (16/9/2018), ada beberapa alasan seorang pria lebih memilih menikahi wanita yang usianya terpaut di atas mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang psikolog Marty Nemko. Apa saja?

1. Faktor Kesehatan

Wanita umumnya hidup lima tahun lebih lama daripada pria yang menjadi suami mereka. Berdasarkan penelitian, hal tersebut tidak ditentukan karena gaya hidup semata, namun lebih pada rangkaian gen di dalam tubuh wanita itu sendiri.

Melihat fakta ini, Nemko menyarankan pria memilih wanita yang paling tidak berusia lima tahun lebih tua dari mereka. Pasalnya, pria biasanya mulai sakit-sakitan ketika menginjak usia 60 tahun. Dan hal ini bisa menjadi masalah besar apabila ia menikahi wanita yang lima tahun lebih muda.

Baca Juga: Terlalu! Pria Ini Pura-Pura Autis Demi Lampiaskan Niat Bejatnya pada Perawat, Aksinya Terbongkar Setelah…

Karena artinya, usia psikologi wanita masih berada di angka 50 tahun, di mana mereka masih diselimuti energi penuh dibanding sang suami yang sudah berusia 60 tahun. Sementara pria berusia 60 tahun dianggap bisa mengimbangi wanita berumur 65 tahun, di mana usia psikologi mereka masih 60 tahun.

2. Hasrat Bercinta

Sangat sering dikatakan, hormon cinta pria sudah mencapai puncak di usia 18 tahun. Sementara pada wanita baru terjadi di kisaran angka 30 tahun. Dengan demikian, pria bisa lebih bereksplorasi tentang hasrat bercintanya jika menikah dengan wanita yang lebih tua. Namun aturan ini tidak mutlak.

3. Kedewasaan

Menjadi tua adalah pasti, namun menjadi dewasa adalah pilihan. Namun sayangnya, tanggung jawab yang senantiasa meningkat seiring bertambahnya usia memaksa seseorang menjadi terlalu cepat dewasa.

Bagi pria dan wanita yang telah mencapai kedewasaan, umumnya mereka akan menjalani hubungan dengan kepala dingin. Mereka akan selalu berupaya menghindari meributkan masalah-masalah kecil. Keduanya sama-sama memilih penyelesaian masalah daripada hanya emosi dan menceritakannya pada orang lain.

4. Pola Asuh

Anak adalah karunia terindah paling dinantikan setiap pasangan. Dibutuhkan kedewasaan sekaligus komitmen dalam menerapkan batasan yang sama dalam mengasuh anak. Diperlukan juga ketenangan dan kerja sama antar suami dan istri demi kesuksesan mengasuh dan membesarkan buah hati tercinta.

5. Pengembangan Karier

Wanita dewasa biasanya lebih berpengalaman dalam pekerjaan profesional. Menikahi wanita yang lebih tua bukan melulu karena berharap dukungan keuangan lebih besar. Pria lebih membutuhkan penasihat karier yang jarang mereka dapatkan dari lingkungan pertemanan dengan orang-orang seusia.

Itulah kelima alasan pria tertarik menikahi wanita yang usianya terpaut cukup jauh di atas mereka. Apakah Anda salah satunya?