Tak Terkalahkan, Kevin/Markus Pertahankan Gelar Japan Open 2018


SURATKABAR – Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar dari kejuaraan bulu tangkis Jepang Terbuka. Kembali lagi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo keluar sebagai kampiun, sekaligus mempertahankan gelar Jepang Terbuka yang dimenanginya pada 2017. Dilansir dari kumparan.com Minggu (16/09/18).

Belum genap sebulan, Marcus/Kevin harus kembali melawan musuh bebuyutannya asal China, Li Junhui/Liu Yuchen. Terakhir kedua ganda ini bertemu saat babak final Asian Games beregu putra, Rabu (22/8/2018) lalu.

Pertemuan terakhir kedua ganda ini pun berlangsung penuh drama. Pertandingan yang dimenangi oleh Marcus/Kevin dengan skor 21-17 dan 21-18 ini dihiasi dengan intrik dari Kevin yang ‘meledek’ lawannya tersebut seusai laga. Adegan itu pun viral dan banyak menjadi bahan perbincangan.

Kini, keduanya kembali bertemu pada final Jepang Terbuka di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Minggu (16/9/2018). Mereka sudah saling mengejar sejak awal. ‘Minions’ sempat unggul 2-0, lalu bisa dikejar menjadi 2-2 oleh Junhui/Yuchen.

Baca Juga: Pak Haryanto, 37 Tahun Keliling Indonesia Demi Badminton Indonesia

Setelahnya, Marcus/Kevin mengambil alih permainan. Pasangan nomor satu dunia ini sempat unggul 6-4, 7-5, hingga masuk interval dengan keunggulan 11-6.

Apiknya permainan Marcus/Kevin berlanjut selepas interval. Serangan-serangan yang bertubi ditambah kesalahan sendiri dari Junhui/Yuchen membuat Marcus/Kevin berhasil menjauh dengan skor 16-7.

Gim pertama pun menjadi milik Marcus/Kevin setelah berhasil menang dengan skor 21-11. Hanya dengan 14 menit Marcus/Kevin berhasil menyudahi gim pertama ini.
Gim kedua kejadian tak jauh berbeda. Marcus/Kevin tetap tampil menekan, meski sang lawan juga berhasil memperbaiki penampilannya. Unggul 3-2 di awal-awal pertandingan, Marcus/Kevin terus menjauh hingga skor 5-2.

Kesalahan dari Kevin yang gagal mengembalikan bola dengan membuat Junhui/Yuchen sempat mendekat menjadi 6-4. Bahkan, pasangan China berhasil menyamakan kedudukan 6-6 usai kesalahan ganda Indonesia. Marcus/Kevin malah sempat tertinggal 6-8 sebelum mereka kembali menyamakan angka dengan skor 8-8.

Menutup interval, Marcus/Kevin masih unggul 11-9. Setelah itu, keunggulan terus terjaga karena konsistensi Marcus/Kevin. Begitu pula Junhui/Yuchen juga tak bisa dibilang jelek. Skor 14-9 ketika Junhui melakukan kesalahan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Marcus. Tiga kali pemain yang akrab disapa Sinyo ini melakukan kesalahan sehingga keunggulan terpangkas menjadi 14-12. Namun, setelah itu Marcus/Kevin berhasil tampil mengesankan. Pasangan yang meraih tujuh gelar Superseries pada 2017 ini sempat menjauh sampai 18-12, kemudian menutup gim kedua dengan skor 21-13.