Sekarang Bela Mati-matian, Ternyata Ruhut Sitompul Pernah Nyinyir dan Katai Jokowi Begini


    SURATKABAR.ID – Ruhut Sitompul turut memberikan sindiran mengenai usulan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk menggunakan bahasa Inggris dalam debat capres dan cawapres.

    Dalam cuitannya di Twitter, Ruhut mengatakan bahwa usulan tersebut menunjukkan kubu Prabowo-Sandiaga gagal berpikir. Sebab, menurut Ruhut, kubu Prabowo-Sandiaga ini terlihat seperti ekstrimis kanan yang menyebut bahasa Inggris sebagai bahasa kafir.

    Tak hanya itu, menurutnya, kini kubu Prabowo-Sandiaga tengah mencari celak untuk menjatuhkan kubu Joko Widodo (Jokowi). Ruhut juga menunjukkan dukungannya pada Jokowi dengan sebuah tagar.

    Debat Capres memakai Bahasa Inggeris, “Menunjukkan Fadli Zon dan Pendukung Prabowo makin kalap jadi makin terlihat Gagal Berpikir,
    apalagi Pendukung mereka yg Ektrim Kanan selama ini mengatakan Bahasa Inggeris = Bahasa Kafir”.
    #2019 Biar Pak JOKOWI Lagi 2 Priode MERDEKA,” tulis Ruhut di Twitter, Jumat (14/9/2018), dilansir tribunnews.com.

    Baca juga: Kubu Prabowo-Sandiaga Usul Debat Bahasa Inggris, Begini Respons TKN Jokowi

    Tak disangka, cuitan Ruhut tersebut secara tak langsung malah membongkar aib masa lalunya. Seorang netizen dengan akun Twitter @Adot1998 mengunggah sebuah video masa lalu Ruhut.

    Kalau kampanye cukup Putar, video om ruhut yg asli,” katanya.

    Dalam video tersebut, Ruhut mengatakan bahwa selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi banyak berjanji tapi tak bisa memberikan hasil nyata.

    Tidak akan macet, tidak akan banjir, tidak akan ada penggusuran, nyatanya meneng (diam) lah jadi gubernur. Pening dia dengan janjinya itu,” kata Ruhut menggebu-gebu.

    Video ini pun ditanggapi oleh kader Partai Demokrat yang kini merapat ke kubu Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean. Ferdinand memberikan sindiran menggunakan emoji tertawa sampai menangis. Namun, ia juga memberi pembelaan.

    Ruhut itu kawanku bah,” tulisnya di Twitter.

    Video ini tentu menunjukkan perbedaan dukungan Ruhut saat ini dan di masa lalu. Kini, ia selalu membela Jokowi. Bahkan, ia selalu menyertakan tagar dukungan pada Jokowi dalam setiap cuitannya.

    Padahal, ketika masih menjadi kader Partai Demokrat di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ruhut mengkritisi Jokowi habis-habisan

    1. Cuitan Ruhut

    2. Video masa lalu Ruhut

    3. Tanggapan Ferdinand