Tak Disangka, Menteri Ini Mundur Karena Manipulasi Nilai Ijazah


SURATKABAR.ID – Menteri Kesehatan Spanyol, Carmen Monton, mengundurkan diri setelah dituduh memanipulasi nilai ijazah gelar masternya dari King Juan Carlos University (URJC) di Madrid.

Dilaporkan El Pais, (12/09/18), mengutip dari tempo.co, nilai yang diperoleh Monton pada kuliah master di Studi Gender Interdisipliner tercatat sudah rampung.

Skandal akademik gelar master Monton menyeruak di universitas yang sama dengan mantan perdana menteri regional Madrid Cristina Cifuentes, dan oleh pemimpin Partai Populer konservatif (PP) Pablo Casado saat ini.

Baik Cifuentes maupun Casado menyangkal melakukan kesalahan apa pun, meskipun yang pertama akhirnya dipaksa mundur setelah video ketika ia berusaha mencuri barang-barang dari supermarket bocor ke pers, ditambah skandal gelar master.

Baca Juga: Bikin Melongo! Mahasiswi Ini Miliki Chef dan Puluhan Pelayan di Rumah Sewanya

Menteri Kesehatan dari partai Sosialis Spanyol juga membantah melakukan kesalahan, menggunakan argumen yang sama dengan yang disuarakan oleh Cifuentes dan Casado yakni bahwa mereka hanya mengikuti instruksi dan persyaratan yang dikomunikasikan kepada mereka oleh URJC.

URJC merilis pernyataan yang mengatakan bahwa file Monton sedang ditinjau dari tiap-tiap kuliah, untuk menyelidiki di mana perubahan nilai Monton bisa muncul.

Pada Selasa pagi 11 September, Monton sekali lagi bersikeras bahwa dia tidak melakukan kesalahan apa pun. Tapi suara-suara di dalam partainya sendiri mulai menuntut agar dia mundur.
“Ketika saya menyerahkan tesis akhir saya, saya mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan bahwa saya telah lulus di semua semua perkuliahan,” kata Monton.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh eldiario.es, Montón tidak lulus semua kuliah dari program master pada Juni 2011. Menurut catatan akademik Monton, setidaknya satu bagian dari mata kuliah tercatat “tidak menyerahkan”. Peristiwa ini tentunya membuat kaget rakyat Spanyol. Hingga saat ini peristiwa tersebut masih menjadi topik hangat.

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTolak Copot Iklan Jokowi Di Bioskop. Kominfo Beberkan Alasannya
Berita berikutnyaAlasan Erick Thohir Tak Dukung Sandiaga Meski Sudah Bersahabat Lama