Militer AS Ungkap Rahasia Cepat Terlelap Hanya dalam 2 Menit, Begini Caranya


SURATKABAR.ID – Bagi sebagian orang, tidur berkualitas merupakan rutinitas yang bisa dilakukan tanpa kesulitan apapun. Namun bagi beberapa orang lainnya, tidur nyenyak dan bangun tepat waktu kerap menjadi hal yang sulit untuk dicapai. Pernahkah Anda mengalaminya? Walaupun sudah berbaring di atas tempat tidur di waktu yang cukup lama, namun mata tetap saja tak mau terpejam.

Mengutip reportase Dream.co.id, Selasa (11/09/2018), biasanya ini terjadi karena otak terus berputar terus-menerus sehingga tubuh pun tak mau rileks dan istirahat. Alhasil, susah tidur pun menjadi momok yang menakutkan. Pasalnya, dampak yang ditimbulkan pun tergolong berbahaya. Dampak negatif dari susah tidur ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Seseorang dapat mengalami tingkat stres yang tinggi lantaran tubuh tak bisa istirahat dengan cepat.

Namun kabar baiknya, baru-baru ini tentara Amerika Serikat membocorkan rahasia cara cepat terlelap menuju tidur berkualitas hanya dalam waktu 2 menit saja. Ya, rupanya, militer Amerika Serikat memiliki cara khusus agar bisa cepat tidur. Hanya dibutuhkan waktu 2 menit saja agar seorang prajurit bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Dilansir dari laman Independent.co.uk, teknik ini biasa digunakan tentara saat bertugas di medan perang. Teknik ini dijelaskan dalam buku berjudul ‘Relax and Win: Championship Performance’.

Buku itu mengungkapkan seorang tentara tetap harus bisa tidur meski di medan perang. Hal ini berguna untuk mencegah mereka melakukan kesalahan alias human error akibat kelelahan.

Baca juga: Waspada! Tak Hanya Merusak Paru, Polusi Udara Ternyata Membuat Orang Jadi Bodoh

 

Berikut cara cepat tidur secara alami ala militer AS:

  1. Lemaskan otot-otot di wajah seperti lidah, rahang dan sekitar mata.
  2. Usahakan bahu lemas dan rileks. Lemaskan juga kedua lengan Anda.
  3. Bernapaslah secara teratur. Rilekskan dada, paha, hingga bagian bawah kaki.
  4. Kosongkan pikiran selama 10 detik.

Pada fase keempat, cobalah membayangkan salah satu dari 3 suasana berikut:

  • Berbaring di atas sampan di tengah danau sambil menatap langit biru.
  • Berbaring di atas ayunan dari beludru hitam di ruangan yang gelap.
    Lalu katakan, “Jangan pikirkan lagi” berulang-ulang hingga tertidur.

Menurut buku tersebut, teknik ini diklaim efektif. Dalam sebuah penelitian, 96 persen responden berhasil mempraktikkannya selama enam pekan. Dengan demikian, latihlah terus tubuh dan pikiran Anda untuk beradaptasi agar cara ini efektif dengan melakukannya selama 6 minggu berturut-turut.

Dampak Buruk Kurang Tidur

Seperti diketahui, kurang tidur berdampak buruk bagi kesehatan. Kurang tidur bisa mempengaruhi kinerja siapapun, tak hanya militer tapi juga orang-orang awam di kalangan masyarakat. Mereka yang mengalami masalah tidur berisiko lebih besar terkena penyakit berbahaya, seperti diabetes tipe 2, jantung dan masalah sulit berkonsentrasi, demikian menukil laman TribunNews.com.

“Untuk bisa tidur, Anda memerlukan tiga hal: kamar yang kondusif, tubuh rileks dan yang paling penting adalah pikiran tenang. Anda tidak bisa tidur jika pikiran terus berkecamuk dan Anda harus tenang agar bisa tidur,” tukas Neil Stanley yang dikenal sebagai pakar masalah tidur.

Menurut Stanley, tak ada formula ajaib untuk menenangkan pikiran. Setiap orang harus menemukan caranya sendiri yang sesuai. Dengan kata lain, suatu cara yang cocok bagi seseorang belum tentu efektif jika dicoba oleh orang lain.

“Mungkin dengan membaca buku, mandi air hangat, minum teh, aroma terapi atau mendengarkan lagu. Lakukan apapun selama Anda bisa menenangkan pikiran. Apapun bisa Anda lakukan, selama itu dapat membuat Anda berhenti merasa khawatir tentang semua tekanan di keseharian Anda,” pungkasnya, seperti dilansir dari laman Republika.co.id.