Melihat 5 Sinkhole Terbesar di Dunia, No 2 Paling Berbahaya!


SURATKABAR.ID – Baru-baru ini telah terjadi serangkaian tanah bumi runtuh yang tak diketahui apa penyebabnya. Pada Jumat (09/02/2018) pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, segera melakukan penelitian geologi terkait munculnya puluhan lubang akibat tanah amblas di sejumlah kecamatan. Kemudian pada Kamis (02/08/2018), sekitar pukul 15.30 WIB, seorang penambang tradisional yang juga warga setempat menemukan sebuah gua di penambangan batu kapur, Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Selanjutnya, pada Kamis (06/09/2018), sebidang lahan sawah di Sukabumi tiba-tiba bolong, tanahnya amblas pada pukul 11.30-19.00 WIB. Sebagaimana dikutip dari laporan TribunNews.com, Senin (10/09/2018), kejadian-kejadian di atas kerap disebut sinkhole. Sinkhole sendiri merupakan sebuah kondisi di mana Bumi runtuh dengan sendirinya lalu menyedot segala sesuatu yang ada di atasnya.

Fenomena alam yang disebut sinkhole ini memang dapat terjadi di mana saja. Tak hanya di lingkungan perkotaan saja, sinkhole pun dapat terjadi bahkan di kedalaman laut.

Kadang kita bisa menemukan tempat yang indah di dalam lubang tersebut, seperti di Tuban. Namun terkadang kita tidak menemukan apa-apa selain hanya tanah yang runtuh.

Sebenarnya sinkhole sering terjadi di seluruh belahan dunia manapun. Namun dari berbagai kejadian, inilah 5 sinkhole paling terkenal di dunia sekaligus yang paling berbahaya, seperti dilansir dari popularmechanics.com.

Baca juga: Akhirnya Terungkap, Ini Penyebab Munculnya Lubang Misterius di Sukabumi

  1. Fukuoka, Jepang

Pada tahun 2016, 5 lajur jalan lenyap di kota Fukuoka, Jepang, akibat sebuah lubang yang hampir 30 meter lebarnya dan 15 meter dalamnya menghisap trotoar. Yang terjadi berikutnya, kubangan tersebut kemudian dipenuhi dengan air.

  1. Xiaozhai Tiankeng, China

Sinkhole ini merupakan yang terbesar di dunia. Ditemukan pada 1994, sinkhole berlubang ganda ini mencakup air terjun di kedalaman lebih dari 640 meter! Sementara seluruh lubang panjangnya 609 meter dengan lebar 536 meter.

  1. Museum Corvette Nasional, Kentucky

Delapan mobil Corvette jatuh dari lantai National Corvette Museum di Kentucky pada tahun 2014. Kejadian ini membuat mobil-mobil paling terkenal di museum tersebut terjebak dalam lubang kedalaman 18 meter.

Untungnya mobil-mobil itu dapat diangkat kembali. Namun museum ini kini telah menjadi tempat penyimpanan mobil-mobil yang tidak dicuci.

  1. The Great Blue Hole, Belize

Jika sinkhole yang lain terlihat menyeramkan dan ‘berantakan’, maka sinkhole yang satu ini justru terlihat sangat indah. Ini dikarenakan sinkhole sedalam hampir 300 meter tersebut membuat lubang yang terlihat memukau dan memesona dari atas air.

  1. Guangzhou, China

Lima buah toko dan beberapa bangunan lain tersedot ke dalam sinkhole sedalam 9 meter secara tiba-tiba tanah di daerah Guangzhou, China Selatan. Untungnya tidak ada korban terluka karena lokasi ini masih dalam tahap pembangunan.