Heboh! Ketua DPRD Jambi Mengaku Pernah Minta Proyek 50 M ke Zumi Zola


SURATKABAR.ID Sidang perdana terhadap terdakwa korupsi gubernur non aktif Jambi Zumi Zola telah dilakukan Kamis (6/9/18) kemarin. Pada persidangan tersebut muncul beberapa fakta yang terjadi selama proses persidangan. Salah satunya adalah pengakuan Ketua DPRD Jambi yang pernah meminta proyek sebesar 50 M kepada Zumi Zola.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Cornelis Buston mengakui pernah meminta jatah proyek sebesar Rp 50 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2017 dari Gubernur Jambi Zumi Zola. Namun, dia membantah permintaan itu adalah syarat agar DPRD mau mengesahkan Rancangan APBD Jambi 2017.

“Ya itu memang saya minta, tapi itu tidak berkaitan dengan uang ketok palu,” kata dia di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (7/9/18) dilansir dari Tempo.co

Sebelumnya, bekas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jambi, Dodi Irawan dalam kesaksiannya pada sidang dengan terdakwa Zumi, mengatakan Cornelis pernah meminta kepadanya paket proyek senilai Rp 50 miliar dalam RAPBD Jambi 2017. Hal itu, kata dia, merupakan syarat dari Cornelis untuk memuluskan pengesahan RAPBD Jambi 2017.

Baca Juga: Gratifikasi Zumi Zola: Beli Dompet, Pergi Umrah Hingga Boyong Action Figure Puluhan Juta 

Cornelis mengatakan ia memang meminta Dodi menyampaikan permintaan itu kepada Zumi. Namun, dia meminta itu saat paripurna telah mengesahkan RAPBD Jambi 2017. “Selesai paripurna saya ajak ngobrol dia, ‘Dod gimana nih masa Ketua DPRD enggak dapat proyek?’,” kata dia.

Dodi kemudian menyanggupinya. Namun, menurut Cornelis, pada akhirnya dia tidak pernah mendapatkan proyek tersebut. “Untung enggak jadi, kalau jadi habis saya,” kata dia.

Persidangan Zumi sendiri dipimpin oleh Ketua PN Jakarta Pusat Yanto yang didampingi empat hakim anggota, yakni Frangky Tambuwun, Syaifuddin Zuhri, Anwar dan Titi Sansiwi.

 


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKetum GP Ansor Bantah Bubarkan Pengajian Ustad Somad, Tapi…
Berita berikutnyaAnggita Sari Blak-Blakan Soal Hubungan Intim Dengan Fredy Budiman di Lapas