BI Gunakan Rp 11,9 Triliun untuk Jaga Rupiah, Rizal Ramli Lempar Komentar Pedas


SURATKABAR.ID – Gubernur Bang Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, hingga Selasa (5/9/2018) BI telah menggelontorkan Rp 11,9 triliun di pasar valuta asing dan membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder.

Perry mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk melakukan langkah tersebut.

“Pembelian SBN tidak hanya stabilkan pasar SBN tapi juga mendukung stabilitas nilai tukar, agar suhu badan kita turun. Hari Kamis kita beli Rp 3 triliun, Jumat Rp 4,1 triliun, Senin Rp 3 triliun, dan kemarin Rp 1,8 triliun,” terang Perry saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (5/9/2018), dilansir tribunnews.com.

Menurut Perry, intervensi ganda yang dilakukan BI merupakan salah satu langkah jangka pendek untuk menstabilkan rupiah. Selain itu, BI juga melakukan beragam upaya untuk menjaga rupiah, mulai dari meningkatkan suku bunga acuan, hingga menawarkan swap dengan biaya yang lebih murah.

Baca juga: Tagih Janji Bos Besar Toyota, Jokowi Sampai Lakukan Ini

Langka BI ini pun disoroti oleh mantan Menko Maritim Rizal Ramli. Melalui akun Twitter pribadinya, ia mengungkapkan komentarnya pada Rabu (5/9/2018).

Dalam cuitannya di Twitter, Rizal menautkan pemberitaan mengenai upaya BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dengan cara intervensi ganda di pasar valuta asing.

Menurut Rizal, hanya BI yang proaktif menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah. Meski begitu, Rizal menyebut, upaya yang dilakukan BI ini kurang efektif karena tak ada terobosan di sektor riil.

Hanya BI yg proaktif,, tapi kurang effektif krn tidak terobosan di sektor riel,” tulisnya di Twitter.

Cuitan Rizal ini pun mendapat beragam tanggapan dari netizen. Tak sedikit yang menanyakan soal sektor riil yang dimaksud Rizal. “Terobosan sektor riil gmn bang ?kasih tau,” tulis salah satu netizen.

Selain itu, tak sedikit pula yang menanyakan solusi yang tepat untuk menangani melemahnya nilai tukar rupiah. “Solusi baiknya, bagaimana Dok ?” tanya netizen pada Rizal.