Gratifikasi Zumi Zola: Beli Dompet, Pergi Umrah Hingga Boyong Action Figure Puluhan Juta


    SURATKABAR.ID – Zumi Zola yang merupakan Gubernur nonaktif Jambi didakwa menerima gratifikasi miliaran Rupiah dari sejumlah pihak terkait proyek infrastruktur di Jambi. Menurut dugaan, uang gratifikasi tersebut diduga mengalir ke keluarga hingga anggota DPD PAN Jambi. KPK pun akan mengusut dugaan pencucian uang dalam kasus ini.

    Mengutip laporan Finance.Detik.com, Senin (03/09/2019), Zumi Zola Zulkifli didakwa menerima gratifikasi total Rp 44 miliar. Yang tak kalah menghebohkannya, hasil gratifikasi tersebut—salah satunya yakni untuk membeli action figure alias miniatur karakter superhero.

    Tak tanggung-tanggung, harga action figure yang dibayar oleh Zumi Zola nilainya mencapai Rp 52 juta. Ini jelas bukan harga yang murah. Pasalnya merek action figure yang dibeli oleh mantan aktor tersebut memang terkenal, yakni Hot Toys Limited dan XM Studios.

    Melansir situs web resminya, Hot Toys yang didirikan pada tahun 2000 ini memang secara khusus mendesain, mengembangkan, dan memproduksi koleksi action figure berkualitas tinggi dan sangat rinci sehingga tingkat kemiripannya pun terbilang autentik.

    Awalnya mereka hanya memproduksi skala 1/6 untuk action figure militer. Singkat cerita produknya mulai berkembang ke karakter film populer, permainan video game, komik, serta selebriti terkenal dunia.

    Baca juga: Meski Sering Dibully, Megawati: Tapi Survei PDIP Kok Enggak Turun-turun

    Sementara untuk XM Studios, dilihat dari laman resminya, tak banyak memberi informasi seputar produsen pembuat action figure tersebut. Hanya saja mereka mengklaim memiliki produk dengan kualitas terbaik.

    Dalam tulisannya, XM Studios menyampaikan tak hanya memberi gengsi dan kepuasan buat kolektor mainan, pihaknya juga berinovasi untuk menghasilkan action figure yang paling baik.

    Lantas, bagaimana dengan harga-harga action figure dengan merek tersebut hingga Zumi Zola harus merogoh kocek sampai Rp 52 juta?

    XM Studios membanderol harga termurah untuk action figure Ogre God Bust Blue Variant EX skala 1/3. Action figure ini dihargai 199 dolar Singapura atau setara Rp 2,1 juta (jika kurs Rp 10.699).

    Sementara yang termahal adalah untuk action figure Darth Vader Set dengan skala 1/4. Action figure yang satu ini dihargai 2.200 dolar Singapura atau setara Rp 23,5 juta.

    Termahal berikutnya ada Optimus Prime skala 1/10 yang dihargai 2.199 dolar Singapura atau setara Rp 23 juta. Disusul oleh Starscream skala 1/10 dengan harga 2.099 dolar Singapura atau setara Rp 22 juta.

    Berikut adalah grafik rincian gratifikasi Zumi Zola seperti dikutip dari laporan Detik.com:

    Simak video mengenai pembahasan tindak pidana untuk Zumi Zola menurut Ahli Hukum Pidana Universitas Trisakti, Asep Iwan Iriawan, serta pakar tindak pidana pencucian uang Yenti Garnasih. Dan melalui sambungan telepon sudah terhubung dengan pengacara Zumi Zola, Handika Honggowongso, sebagaimana dikutip dari laporan TribunNews.com.