Tak Hadiri Closing Asian Games 2018, Jokowi Pilih Lakukan Ini


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil menjadi pusat perhatian dalam Opening Ceremony Asian Games 2018 setelah menampilkan aksi naik moge menuju Gelora Bung Karno (GBK)

Namun, Jokowi memastikan tak akan menghadiri Closing Ceremony Asian Games 2018 yang digelar Minggu (2/9/2018) malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Jokowi tak bisa menghadiri penutupan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut karena harus berangkat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (2/9/2018) pagi.

“Saya besok (hari ini) akan ke Lombok, NTB, pagi,” tutur Jokowi di Jakarta, Sabtu (1/9/2018) malam, dikutip dari tribunnews.com.

Baca juga: Wow! 3 Maskot Menggemaskan Asian Games 2018 Ternyata Terinspirasi dari Bung Karno

Meski tak bisa hadir secara langsung di GBK, Jokowi mengaku akan tetap menonton Closing Ceremony Asian Games 2018. Bahkan, Jokowi berencana menonton acara tersebut bersama warga Lombok.

“Ya, besok (nobar) di sana,” ujarnya.

Rencananya, Jokowi akan berada di Lombok selama dua hari. Dalam kunjungannya kali ini Jokowi akan fokus untuk meninjau proses rehabilitasi pasca gempa.

Pemerintah juga telah menetapkan besaran bantuan untuk para korban. Rumah yang mengalami rusak berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta. Rumah yang rusak sedang akan diberi bantuan mencapai Rp 30 juta. Sedangkan rumah yang rusak ringan, jumlah bantuan yang disiapkan pemerintah mencapai Rp 10 juta.

Nantinya, rumah yang akan dibangun kembali untuk masyarakat Lombok adalah rumah dengan jenis tahan gempa atau sering disebut Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat).

Sebelumnya, INASGOC mengungkapkan, akan ada kejutan tak terduga di Closing Ceremony Asian Games 2018. Namun, hingga kini belum ada petunjuk soal kejutan yang telah disiapkan panitia.

Banyak yang berharap Jokowi kembali menampilkan aksi spektakuler seperti pada Opening Ceremony yang digelar 18 Agustus 2018 lalu.

Apalagi, upacara penutupan ini disebut-sebut akan lebih seru dibanding pembukaan. Bintang tamu yang hadir pun bukan hanya artis Tanah Air, tapi juga sejumlah artis papan atas di Asia.