Uji Tembak Medium Tank 105MM, Karya Baru Anak Bangsa dari PT Pindad


SURATKABAR.IDPT Pindad yang bergerak dalam bidang Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) dan produk komersial telah melakukan pengembangan terhadap tank ukuran sedang (medium tank). Hal ini sekaligus menunjukkan kemampuan Indonesia membuat produk alutsista berteknologi tinggi. Uji tembak Medium Tank Kaliber 105MM—demikian namanya; sebuah senjata darat jenis tank buatan anak negeri—dilakukan di Pusdik Pussenif Ciputat, Jawa Barat, pada Senin (27/08/2018).

Mengutip laporan AntaraNews.com, Sabtu (31/09/2018), proses pembuatan dari disain hingga prototipe dilakukan oleh anak-anak bangsa sendiri. Inilah bukti yang menjadi cikal kemandirian alutsista RI. Ada pun uji tembak itu sendiri dihadiri oleh pejabat Kementerian Keamanan (Kemhan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kemandirian Industri Pertahanan

Diketahui, Medium Tank 105 MM merupakan tank buatan anak negeri yang menjadi satu dari tujuh program nasional yang dibiayai pemerintah untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan sebagaimana amanah UU 16/2012.

Mengutip laporan OkeZone.com, uji tembak yang dilakukan dengan meriah tersebut, rupanya menjadi babak akhir serangkaian uji coba Medium Tank 105MM, setelah sukses jalani uji ledak dengan TNT 10 kilogram dan 8 kilogram, uji jelajah dengan medan lebih dari 2.000 kilometer serta uji ketahanan mesin.

Baca juga: Resmi Perkuat Alutsista TNI AU, 24 Unit Pesawat F-16 C/D Didatangkan Langsung dari AS

Berdasarkan pantauan reporter di lokasi, Medium Tank 105MM sukses menembakkan beberapa misil. Dengan dentuman keras, suara dari tank yang dipersembahkan untuk menyambut hari kemerdekaan ke-73 RI ini bahkan sanggup membuat alarm mobil yang terparkir jauh berbunyi.

Dentuman misil dari Medium Tank 105MM itu pun langsung disambut gemuruh dan tepuk tangan para penonton yang hadir. Medium Tank 105MM ini sendiri merupakan hasil Joint Development antara PT Pindad dan produsen kendaraan tempur FNSS dari Turki.

Simak rincian spesifikasi Medium Tank Macan Hitam sebagai berikut, seperti dikutip dari laporan AntaraNews.com: