Idrus Marham Resmi Ditahan KPK


sumber: kompas.com

SURATKABAR.ID – Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham resmi menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ditahan selama 20 hari pertama di Rumah Tahanan KPK,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, dikutip dari kompas.com, Jumat (31/8/2018).

Idrus ditahan selepas menjalani pemeriksaan pertama sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 di Gedung KPK Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Idrus datang ke gedung KPK siang hari dengan mengenakan baju putih dan celana hitam. Ia datang dengan didampingi oleh pengacaranya, Samsul Huda.

Baca Juga: Arab Saudi Klaim Israel Jauh Lebih Baik Dibanding Negara Muslim, Ternyata Ini Alasannya

Pukul 18:30 WIB Idrus keluar Gedung KPK, namun kali ini, mantan Menteri Sosial Kabinet Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla tersebut telah mengenakan rompi tahanan KPK.

Idrus ditetapkan sebagai tersangka karena diduga mengetahui dan memiliki andil dalam penerimaan uang oleh Eni Maulani Saragih dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo. Menurut KPK, Eni–yang saat ditangkap menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR–menerima uang dari Kotjo.

Kotjo merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited yang disebut tergabung dalam konsorsium yang bakal menggarap proyek PLTU Riau-1. Eni disebut KPK menerima Rp 4 miliar sekitar November-Desember 2017 dan Rp 2,25 miliar sekitar Maret dan Juni 2018.

Idrus Marham merupakan menteri pertama kabinet Jokowi yang tersangkut kasus yang ditangani KPK. Idrus masuk ke kabinet Jokowi menggantikan mensos sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa, yang mundur karena maju di Pilgub Jatim 2018. Namun, pada hari ini, Idrus mundur dari Kabinet Kerja karena statusnya yang menjadi tersangka KPK.

“Untuk menjaga kehormatan Bapak Presiden yang selama ini kita kenal sebagai pemimpin yang memiliki reputasi komitmen yang tinggi dalam pemberantasan korupsi di indonesia,” kata Idrus usai mengantarkan surat pengunduran diri kepada Jokowi di Jakarta, Jumat (24/8/2018).


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBikin Ngilu! Pria Ini Mutilasi Wajahnya Demi Mirip Tengkorak
Berita berikutnyaCegah Kecurangan, Fadli Zon Minta Saksi di TPS Dibekali dengan Alat Ini