Petenis Putri Dapat Peringatan Lantaran Buka Baju di Tengah Lapangan, WTA: Itu Konyol


SURATKABAR.ID – Aksi wasit yang mengeluarkan peringatan keras kepada petenis putri Prancis Alize Cornet lantaran membuka baju di tengah lapangan saat kejuaraan tenis Amerika Serikat Terbuka berlangsung, menjadi polemik di dunia tenis.

Dilansir dari laman Viva.co.id pada Jumat (31/8/2018), Cornet disebut telah melanggar aturan. Ia baru saja kembali ke lapangan dari kamar mandi dan menyadari bahwa baju yang dikenakannya ternyata terbalik. Ia pun langsung membuka kaos untuk kemudian mengenakannya dengan benar.

Asosiasi Tenis Wanita (WTA) buka suara menanggapi insiden tersebut. Menurut penyelenggara turnamen AS Terbuka yang digelar di New York, wasit dianggap telah berbuat tidak adil dan seharusnya kejadian dalam pertandingan antara Alize Cornet dengan Johanna Larsson tersebut tidak perlu terjadi.

“Kalau saya boleh berbicara jujur, dan mengalaminya sendiri, saya akan mengeluarkan sumpah serapah. Saya kira perbuatan itu konyol,” ujar dua kali finalis AS Terbuka Victoria Azarenka terkait hal tersebut. “Saya senang mereka meminta maaf, dan saya berharap hal ini tidak akan terjadi lagi,” tambahnya.

Sebagai badan yang mengatur tenis perempuan , WTA mengungkapkan bahwa keputusan wasit mengeluarkan peringatan tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan Cornet sama sekali tidak sesuai dengan aturan dari WTA.

Baca Juga: Jojo Buka Kaus Saat Selebrasi, Begini Komentar Centil Syahrini

“WTA sudah lama dan akan selalu menjadi pionir bagi perempuan dan olahraga yang melibatkan perempuan. Pelanggaran itu adalah menurut aturan grandslam, dan kami gembira bahwa tenis AS (USTA) mengubah aturan tersebut. Alize tidak melakukan kesalahan apapun,” ungkap WTA dalam sebuah pernyataan.

Pihak penyelenggara AS Terbuka sudah memberikan penjelasan mengenai aturan bagi para pemain untuk mengganti kaos mereka selama pertandingan. Dan menanggapi insiden tersebut, penyelenggara menyebut tindakan wasit tidak fair. Pasalnya petenis pria kerap melakukan hal serupa.

Menanggapi hal itu, pejabat AS Terbuka menjelaskan seluruh pemain diperbolehkan mengganti kaos saat istirahat di pinggir lapangan. Mereka juga menambahkan bahwa pemain putri dapat berganti di ruang ganti yang terletak di dekat lapangan kapan pun tanpa dianggap mengambil ‘toilet break’.

Terkait pergantian kostum bagi petenis putri hanya diperbolehkan saat set sudah berakhir. Hal tersebut sesuai dengan peraturan turnamen grandslam pada tahun 2018. Sementara di saat pertandingan masih berlangsung, pemain yang ingin ke toilet untuk urusan apapun wajib meminta izin dari wasit.

Cornet yang kemudian juga bertanding di nomor ganda putri dinyatakan tidak mendapatkan hukuman maupun denda setelah menerima peringatan dari wasit karena dianggap melanggar peraturan tentang berganti baju di tengah berlangsungnya pertandingan.