15 Kebiasaan Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang Tak Lazim, Tali Sepatu pun Harus Disetrika!


SURATKABAR.ID – Menilik kehidupan keluarga kerajaan Inggris seperti tak ada habis-habisnya untuk dibahas. Publik selalu tertarik untuk mengintip apa saja yang terjadi di dalam istana mereka. Pasalnya, tak seperti rakyat jelata, setiap anggota keluarga kerajaan tentu mempunyai hak-hak istimewanya tersendiri. Sebut saja seperti wewenang, hak, serta fasilitas yang hanya bisa diakses oleh mereka yang bersangkutan.

Namun, beberapa keistimewaan yang didapat oleh keluarga kerajaan Inggris ini tak hanya istimewa, tapi juga terasa aneh, tak lazim saking terlalu ‘istimewa’. Seperti apa sajakah itu? Dikutip dari laman Reader’s Digest dan TribunTravel.com berikut adalah deretan rinciannya.

1. Tali sepatu yang disetrika

Mempunyai tiga pelayan pribadi yang semuanya bertugas untuk merawat busananya, Pangeran Charles juga melimpahkan tanggung jawab kepada mereka untuk memilihkan pakaian apa yang akan dikenakannya.

Yang tak lazim, ketiga pelayan tersebut juga diharuskan menyetrika tali yang ada di setiap pasang sepatu milik sang Pangeran.

Baca juga: Jatuh dari Kapal Pesiar dan Terombang-Ambing 10 Jam, Wanita Inggris Selamat dengan Cara Ini

2. Ratu dapat melarang lelucon tertentu

Saat nanti Ratu Elizabeth II meninggal dunia, orang-orang tak boleh membuat lelucon di televisi. BBC tak boleh menyiarkan hal-hal lucu selama 12 hari antara hari kematian dan pemakaman Ratu.

Ketika Ratu Elizabeth II meninggal dunia, BBC akan segera menghentikan semua siarannya. BBC akan mengumumkan kabar duka dan mulai menyiarkan semua dokumenter tentang kehidupan Ratu yang telah direkam sebelumnya.

Stasiun TV ini juga menyediakan setelan pakaian dan dasi berwarna hitam dalam momen duka ini.

3. Kentang harus diukur sebelum dipotong

Semua kentang harus diukur terlebih dahulu sebelum disajikan di Buckingham Palace. Hal ini bertujuan untuk kepentingan estetik. Kentang-kentang itu harus dipastikan telah memiliki dimensi yang sama agar tidak merusak penampilan hidangan kerajaan.

4. Pelayan yang bertugas untuk mencoba setiap sepatu

Ratu Elizabeth II mempekerjakan petugas untuk mencoba sepatu baru sebelum dibeli atau digunakannya. Dengan demikian, sang Ratu tak perlu merasakan rasa sakit memakai sepatu baru yang kaku.

Ratu tak boleh terlihat mengeluh tentang sepatunya yang tak nyaman atau meminta ganti sepatu. Jadi, harus ada seseorang untuk memastikan sepatu itu nyaman dipakai Ratu.

5. Tidak pakai mesin cuci

Pakaian Pangeran Charles dan Camilla tak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, semuanya harus dicuci manual dengan tangan.

6. Biskuit yang hangat

Pangeran Charles punya kebiasaan makan biskuit dan keju di akhir jam makannya. Berkat sifatnya yang teliti tentang hampir semua hal, Pangeran Charles akan meminta biskuit dalam kondisi suhu tertentu. Sehingga para staf selalu menjaga panci atau loyang panas untuk memastikan biskuitnya cukup hangat sesuai selera Pangeran Charles.

7. Mengawali hari dengan bagpipe

Ratu Elizabeth II memilih dibangunkan dari tidurnya dengan instrumen musik asal Skotlandia, bagpipe. Jadi, ada pemain bagpipe yang bertugas di bawah jendela kamar tidur Ratu setiap jam 7 hingga 9 pagi.

8. Tidak ada roti sandwich yang bersudut tajam

Sandwich yang disajikan kepada keluarga kerajaan Inggris tak pernah memiliki sudut tajam. Setiap roti harus memiliki tepian yang membulat. Konon, aturan roti sandwich ini bermula karena dulu, suami Ratu Victoria, Pangeran Albert, percaya memakan segala sesuatu yang bentuknya seperti peti mati akan membawa sial.

9. Kepemilikan akan ikan

Ratu Inggris memiliki semua lumba-lumba dan ikan paus yang ada di wilayah tiga mil dari pesisir pantai Inggris. Secara teknis, aturan ini membolehkan Ratu untuk memakan ikan-ikan itu. Namun, keluarga kerajaan Inggris tidak diperbolehkan makan seafood.

10. Kepemilikan akan angsa

Ratu memiliki sebagian besar angsa di wilayah Inggris. Angsa-angsa di Sungai Thames dimiliki oleh Ratu bersama pihak Worshipful Companies of Dyers and Vintners. Setiap Juli, ada upacara khusus yang dikenal dengan ‘swan upping’, di mana angsa-angsa dihitung dan dicek apakah mereka luka atau tidak.

11. Penekan pasta gigi pribadi

Dulu, Pangeran Charles pernah memiliki seorang pelayan yang membantu rutinitas malam harinya. Michael Fawcett, satu dari pelayannya, bertugas menekan pasta gigi ke sikat gigi pangeran setiap malam.

12. Tidak pakai surat izin

Meskipun tidak selalu mengemudi sendiri, Ratu Elizabeth II tidak memiliki surat izin mengemudi saat menyetir.

13. Semuanya dibayar oleh negara

Semua kebutuhan dan tagihan dibayar oleh Sovereign Grant, dana ‘yang disediakan pemerintah kepada rumah tangga kerajaan untuk mendukung tugas-tugas resmi Ratu’, menurut situs resmi kerajaan Inggris. Semua pemeliharaan dan perawatan beberapa tempat tinggal kerajaan serta gaji karyawan keluarga kerajaan masuk dalam dana ini.

14. Melayarkan kapal

Ratu Elizabeth II memiliki hak untuk menyita semua kapal Inggris, dan ini pernah terjadi pada 1982.

15. Tak punya kartu identitas

Selain tak memiliki surat izin mengemudi, Ratu Elizabeth II juga tidak punya kartu identitas apapun. Polisi tidak berhak meminta atau memeriksa kartu identitasnya karena Ratu memang tidak perlu memiliki kartu identitas atau surat izin mengemudi.