Warga Jepara Tolak Kedatangan UAS, Diduga Bawa Simbol HTI


SURATKABAR.ID  Dua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Jepara menolak kehadiran Ustadz Abdul Somad (UAS). Kedua aliansi tersebut yakni Aliansi Masyarakat Mayong Cinta NKRI (AMMCN) dan Forum Aswaja Nusantara (FAN) Jepara.

Sekelompok masyarakat Jepara ini menolak rencana kedatangan Ustaz Abdul Somad pada Sabtu (1/9/ 2018) nanti. Mereka menilai, kedatangan pendakwah asal Riau itu ditunggangi oleh simpatisan organisasi masyarakat (ormas) terlarang yang telah dibubarkan pemerintah.

Dilansir Sindonews.com, Pernyataan itu, akunya, dipicu beredarnya atribut khas ormas terlarang HTI jelang kehadiran UAS yang diundang Ustaz Mudhofar ke pesantrennya, Alhusna, Mayong, Jepara.

“UAS belum datang saja, timnya dengan simbol-simbol HTI sudah masuk ke Mayong,” ungkap Munif, di Desa Gleget, Mayong, Jepara, Senin (29/8/2018).

Munif menyayangkan pihak keamanan yang dianggapnya kecolongan. Gara-gara simbol bendera HTI masuk ke Mayong, Munif menganggap desanya tercemari oleh ajaran khilafah yang bertentangan dengan NKRI.

Baca Juga: Nama Ustad Abdul Somad Masuk Tim Kampanye Prabowo-Sandiaga? Ini Faktanya

“RA Kartini yang mengajari munculnya Sumpah Pemuda, itu di sini. Ratu Kalinyamat yang memperjuangkan penjajahan dari Portugis, juga dari sini. Kami tidak rela,” pungkasnya soal beredarnya atribut HTI.

Dari pihak FAN Jepara, Abdul Wahab selaku coordinator mengatakan, penolakan terhadap UAS bukan didasari kebencian personal.

Namun lebih karena alasan upaya menolak berkembangnya ideologi terlarang seperti faham khilafah yang identik dengan HTI.

Jejak digital yang ada, kata Wahab mengisyaratkan jika UAS dan timnya berafiliasi dengan organisasi terlarang HTI. Menurutnya kehadiran UAS di Jepara tidak bisa dilepaskan dari aktivitas orang-orang di belakangnya yakni HTI.

“Aqidah dan ubudiyah/amaliyah mereka memang sesuai dengan Aswaja, namun siyasah yang dikembangkan condong kepada ideologi yang mengancam tegaknya Pancasila dan NKRI. Makanya kami menolak UAS,” kata Abdul Wahab.