Erick Thohir Jadi Kandidat Ketua Timses Jokowi, Golkar Mengaku Tak Masalah


SURATKABAR.ID – Partai Golkar tak keberatan jika Erick Thohir ditunjuk Jokowi sebagai ketua tim pemenangan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Diketahui, nama Erick Thohir menguat sebagai salah satu kandidat ketua dari tim tersebut.

“Prinsipnya kami akan menerima siapapun figur yang menurut Pak Jokowi dan para ketua umum partai politik layak, pantas, kompeten dan mampu untuk memimpin Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” ungkap Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, Rabu (29/08/2018). Demikian dikutip dari reportase Detik.com.

Disebutkan Ace, kalangan profesional yang berpengalaman bisa menjadi ketua timses. Meski begitu, ia juga menegaskan peluang orang partai masih tetap terbuka.

“Bisa dari kalangan profesional yang berpengalaman dan bisa juga dari kalangan partai politik yang berpengalaman dan sudah teruji,” tutur Ace.

Ace yang juga adalah Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menandaskan bahwa Golkar tak berkeberatan dengan sosok Erick Thohir. Yang terpenting, imbuh Ace, kehadiran Erick dapat membuat nyaman koalisi.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Jubir Jokowi-Ma’aruf, Respons Deddy Mizwar Mengejutkan

“Bagi kami tak masalah. Asalkan Pak Jokowi, Pak Kyai Ma’ruf dan dibahas bersama dengan Para ketua umum partai politik nyaman dan dapat bekerjasama serta bekerja keras untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf,” tegas Ace.

Hasto Kritiyanto selaku Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa nama Erick Thohir merupakan kandidat favorit Ketua TKN. Hal ini diketahui berdasarkan survei. Namun hingga berita ini dimuat, masih belum ada keputusan resmi.

“Ya itu aspirasi berdasarkan survei, itu hal-hal wajar di demokrasi itulah seninya,” tukas Hasto kepada wartawan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/08/2018).

Bersaing dengan Najwa Shihab

Sebelumnya, seperti dilansir dari laporan Tempo.co, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja Ahmad Rofiq mengatakan, ada banyak usulan agar ketua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin berasal dari kalangan muda.

Nama pemandu acara talk show Mata Najwa, Najwa Shihab, dan pengusaha muda Erick Thohir pun masuk dalam kandidat ketua tim. Diketahui, saat ini Erick Tohir tengah menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC).

“Dua nama itu yang diperbincangkan di kalangan koalisi. Kami juga menjaring aspirasi, tetapi tetap saja semua tergantung kepada Pak Jokowi,” tutur Ahmad Rofiq saat ditemui di kantor DPP Perindo, Jakarta pada Minggu (26/08/2018).

Rofiq berpendapat, bukan tak mungkin jika ketua tim berasal dari kalangan anak muda yang berprestasi. Sebab, jumlah pemilih milenial saat ini terbilang cukup besar. Dituturkan Ahmad Rofiq, saat ini Jokowi memang sedang mencari anak muda berprestasi sehingga bisa menggaet pemilih milenial.

“Karena milenial ini kan cukup besar sekali. Harus diberi kepercayaan diri bahwa dengan kekuatan tim yang Pak Jokowi miliki akan lebih banyak berkarya untuk kepentingan milenial,” tutur Ahmad Rofiq, melansir laman JawaPos.com.

Diamini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya, beliau menyebutkan bahwa sosok ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa saja dari kalangan anak muda. Namun, kata Jokowi, kriteria terpenting bukan soal usianya.

“Yang paling penting ini ide dan gagasan, bukan muda atau tua. Muda kalau gagasan jadul gimana? Tua kalau gagasan, idenya muda, kekinian itu,” papar Jokowi di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (25/08/2018).

Kriteria itu, lanjut Jokowi, cukup banyak. Namun, Jokowi masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan ketua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin, “Kalau tiba saatnya saya sampaikan,” imbuhnya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.