Fokus #2019GantiPresiden, PA 212 Pastikan Tak Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin


    SURATKABAR.ID – Ijtima’ Ulama kedua memang belum digelar. Namun, Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengaku akan tetap fokus pada #2019GantiPresiden untuk Pilpres 2019 mendatang.

    Nantinya, setelah Ijtima’ Ulama kedua dilaksanakan, PA 212 akan melakukan langkah nyata untuk mendukung calon yang diusung.

    Meski begitu, Juru Bicara PA 212 Novel Bamukmin juga menegaskan bahwa pihaknya tak akan memberikan dukungan pada calon petahana Joko Widodo (Jokowi).

    “Sudah dipastikan tidak akan ke Jokowi, siapa pun wakilnya, karena kami tetap fokus #2019GantiPresiden,” tutur Novel, Kamis (23/8/2018), dikutip dari jpnn.com.

    Baca juga: Gandeng Ma’ruf Amin, Jokowi Harus Relakan Kehilangan 3 Suara Ini

    Novel juga mengatakan, pihaknya tak masalah dengan sejumlah ormas yang masih berkaitan dengan PA 212 dan menyatakan dukungan untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

    “Adapun ormas-ormas yang bergabung di PA 212 silakan mau deklarasi mendukung Prabowo-Sandiaga,” lanjutnya.

    Sedangkan jika nantinya ada ormas yang tergabung di PA 212, tapi memberikan dukungan untuk Jokowi-KH Ma’ruf Amin, maka akan diberi tindakan tegas. Salah satunya adalah dikeluarkan dari PA 212.

    “Oh pasti kami keluarkan dari PA 212,” tegas Novel.

    Sebelumya, Novel juga menyatakan bahwa pihaknya konsisten tak akan mendukung Jokowi meski telah menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin. Sebab, Jokowi dianggap pernah mati-matian membela penista agama dan melakukan kriminalisasi ulama.

    “Kalau pun Jokowi tobat full berubah 180 derajat, maka kami serahkan kepada masyarakat, silakan mau pilih siapa. Tetapi kami harga mati tidak memilih Jokowi,” ujar Novel, Rabu (15/8/2018) lalu.

    Di sisi lain, petinggi Front Pembela Islam (FPI) ini menuturkan, jika ternyata Jokowi tak bertobat dan mengorbankan ulama hanya untuk menutupi kemungkarannya, maka PA 212 akan menyerukan haram memilihnya di Pilpres 2019.

    “Insyaallah kami serukan haram dipilih sebagai capres dan memang tujuan kami masih bulat #2019GantiPresiden,” pungkas Novel.

    [wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]