Facebook Ungkap Kebiasaan Orang Indonesia Belanja Online, Bertanya Meski Sudah Jelas


SURATKABAR.IDPlatform media social Facebook selain digunakan untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman, sebagian orang juga memanfaatkannya untuk pengembangan bisnis, termasuk pelaku usaha mikro kecil menengah.

Peluang bisnis melalui platform media social juga digunakana oleh pengguna Facebook di Indonesia.

Menurut Head of Meerging Business and SMB Facebook untuk Indonesia dan Filipina, Ferdy Nandes mengungkapkan, dari 115 juta pengguna Facebook di Tanah Air, sekitar 62 persen terhubung di laman bisnis.

Dilansir CNNIndonesia.com, Ferdy Nandes mengatakan konsumen Indonesia memiliki kebiasaan untuk bertanya ke penjual melalui aplikasi pesan singkat meskipun penjual sudah lengkap mendeskripsikan produknya.

Karakter unik ini menurut Ferdiy cukup berbeda dengan konsumen di benua biru. Di sana, konsumen langsung membeli tanpa banyak bertanya apabila produk tersebut sudah lengkap informasinya.

Baca Juga: Facebook hingga Youtube Kompak Blokir Alex Jones, Penyebar Hoax yang Sering Bikin Dunia ‘Geger’ 

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah UMKM yang berjualan di Facebook Page atau Facebook Ads biasanya sudah mencantumkan deskripsi lengkap untuk warna atau stok yang tersedia.

“Orang orang di benua Eropa itu langsung beli. Beda dengan kita ketika melihat produk banyak bertanya misalnya padahal di deskripsi produk sudah ada. Stok produk ada, warna juga ada. Ini unik, negara kita sangat sosial,” terang Ferdie di kantor Facebook, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/8/2018).

Untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM, Facebook memfasilitasi mereka dengan keberadaan fitur Facebook Ads yang terintegrasi dengan Instragram Ads, Facebook Pages, hingga pelatihan digital marketing secara online maupun offline.

“Indonesia adalah pasar penting bagi Facebook. Kami memikirkan bagaimana bisa bentuk komunitas dan kapabilitas untuk UMKM untuk berkembang. Kami berpikir fitur-fitur yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM untuk menjangkau konsumen secara efektif dan tepat sasaran,” imbuh Ferdy.