Sebut Pemuda Ambon Tak Melek Medsos Saat Jadi Narasumber di TV, Begini Klarifikasi Shafiq Pontoh


SURATKABAR.ID – Shafiq Pontoh kini tengah jadi sorotan netizen, terutama masyarakat Ambon, setelah pernyataannya yang kontroversial.

Pernyataan Shafiq saat menjadi narasumber pada acara Ngobrol Pintar (Ngopi) di Kompas TV, Selasa (21/8/2018) malam, dianggap melecehkan para pemuda di Ambon.

Sebab, dalam acara yang dihadiri sejumlah narasumber itu, Shafiq menyebut bahwa pemuda Ambon tak melek media sosial. Menurutnya, hanya sedikit pemuda Ambon yang punya akun media sosial.

Waktu saya di Ambon, jelas-jelas ini anak muda semua. Saya tanya, ada yang pake facebook nggak? Cekikan semua, itu mama bapak saya yang pakai, bahasa kasarnya kayak gitu ya,” katanya disambut tawa narasumber lain.

Ada yang pakai twitter ngga angkat tangan? Itu celingukan seperti mendengar hal yang itu benda apa? Instagram? Ternyata banyak yang nggak angkat tangan juga. Terus saya tanya lagi mungkin Line, tidak juga. Ternyata mereka pakai Blackberry Messenger,” ujar Shafiq dalam acara tersebut.

Baca juga: Terungkap! Salah Satu Penari Ratoeh Jaroe Bocorkan Kisah di Balik Layar Pembukaan Asian Games 2018, Ternyata…

Bahkan, dalam pernyataan itu Shafiq menyebut bahwa dia baru saja melakukan survei pada akhir tahun lalu.

Alhasil, pernyataan pegiat media sosial ini pun dikecam netizen, terutama masyarakat Ambon. Banyak yang mengatakan bahwa Shafiq bicara tanpa data dan kecewa dengan pernyataannya.

Banyaknya kecaman dan protes yang ditujukan padanya, Shafiq akhirnya buka suara. Ia memberikan klarikasi serta meminta maaf atas pernyataannya di acara TV nasional tersebut.

Dengan ini saya hendak mengucap permintaan maaf saya terkait sama sebuah tayangan di stasiun TV swasta,” ujar Shafiq membuka.

Shafiq kemudian mengakui bahwa apa yang disampaikannya salah. Sebab, dia hanya bertanya pada sebuah kelas dan menyimpulkannya sebagai pernyataan seluruh pemuda Ambon.

Saya hanya bertanya di satu kelas, yang itu tidak mencerminkan sampel keseluruhan warga Ambon dan warga Maluku. Sehingga dengan ini saya tarik kembali pernyataan saya,” lanjut Sahfiq.

Video pernyataan Shafiq di TV dan klarifikasinya pun beredar luas di media sosial, termasuk Youtube. Shafiq juga mengunggah video permintaan maafnya di akun Instagram pribadinya.

1. Pernyataan Shafiq di TV

2. Klarifikasi dan permintaan maaf