Disalahgunakan, 5 Penemuan Ilmiah Ini Hasilnya Malah Mengerikan!


SURATKABAR.ID – Selama hidupnya, umat manusia masih terus belajar untuk menciptakan berbagai hal yang bermanfaat bagi kemudahan hidup orang banyak. Sepanjang sejarah peradaban, tak terhitung jumlahnya berbagai temuan dan inovasi yang diciptakan manusia. Meski begitu, rupanya tidak semua penemuan tersebut digunakan untuk kebaikan. Malahan, ada beberapa temuan yang disalahgunakan sehingga hasilnya malah jadi mengerikan.

Temuan ilmiah tersebut malah disalahgunakan bukan untuk kebaikan. Padahal, hal itu termasuk merupakan penemuan hebat yang merupakan terobosan dalam sejarah peradaban umat manusia. Apa saja? Berikut adalah daftar 5 penemuan ilmiah yang malah disalahgunakan sehingga hasilnya mengerikan, seperti dirangkum dari reportase Brilio.net dan Liputan6.com, Rabu (22/08/2018).

1. Zyklon B

Zyklon B ditemukan pertama kali oleh Fritz Haber. Haber ini merupakan seorang ilmuwan Yahudi yang berhasil menciptakan pupuk nitrogen murah. Tak hanya itu saja, ia juga merupakan pencipta beberapa senjata yang digunakan pada Perang Dunia I.

Sayangnya, pupuk nitrogen yang seharusnya digunakan untuk kebaikan banyak orang, justru malah dipakai sebagai alat untuk mengeksekusi tahanan Yahudi selama terjadinya holocaust. Pembantaian dengan menggunakan butir-butir Zyklon B ke bawah lewat saluran udara ini merupakan salah satu yang tersadis dalam sejarah umat manusia, lantaran Zyklon B sendiri merupakan insektisida sangat beracun yang juga digunakan untuk membunuh tikus dan serangga.

Baca juga: Kotak Kompos Urine Terbuka Dipasang di Tempat Umum, Warga Paris Marah   

2. Agent Orange

Awalnya, Arthur Galston berniat menciptakan bahan kimia yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan dari kedelai. Tapi ternyata akibatnya sangat buruk untuk manusia.

Penemuan yang diberi nama Agent Orange ini dipasok ke Amerika Serikat dan benar saja, berkat Agent Orange, Amerika berhasil membunuh lebih dari 400.000 warga yang ada di Vietnam.

3. Sarin Gas

Dr. Gerhard Schrader merupakan seorang ilmuwan hebat dari Jerman.

Awalnya, Schrader punya niatan mulia untuk menghapuskan kelaparan yang ada di dunia. Tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Secara tak disengaja, Dr. Gerhard Schrader malah menciptakan sarin. Sarin merupakan senyawa yang sangat beracun yang dapat dengan cepat merusak saraf dan tentunya—membunuh manusia.

4. Fusi Nuklir

Sir Mark Oliphant adalah orang yang paling bertanggung jawab atas penemuan bom hidrogen. Pasalnya, ia merupakan orang pertama yang berhasil menemukan inti hidrogen berat yang dapat bereaksi satu sama lain.

Reaksi fusi ini merupakan dasar dari pembuatan bom hidrogen, yang bertujuan untuk mengetahui inti atom. Tapi akhirnya ini benar-benar dijadikan bom atom.

5. Ekstasi

MDMA (3,4-metilendioksi-metamfetamina) atau ekstasi adalah obat yang awalnya digunakan untuk mengobati pendarahan yang tak wajar atau tak normal yang diderita manusia pada umumnya.

Namun sayang, mulai era 1980-an, ekstasi ini malah banyak digunakan di klub-klub dansa dan banyak menyebabkan kematian.