Didakwa Cari Dukungan Habib Rizieq Lewat Ma’ruf Amin, PDIP: Kalau Bisa Kenapa Tidak


SURATKABAR.ID – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira buka suara menanggapi tudingan yang menyebut bahwa bakal calon wakil presiden (cawapres) KH Ma’ruf Amin adalah upaya kubunya meraih dukungan dari Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dalam menghadapi pertarungan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Andreas, seperti dilansir dari laman CNNIndonesia.com, Selasa (21/8/2018), menilai bahwa sosok Ma’ruf Amin dapat menjembatani pihak yang selama ini tidak terlalu menyetujui kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ma’ruf bisa menjembatani dari kelompok-kelompok yang selama ini tertutup kepada Pak Jokowi. Ini memang mediasi atau diplomasi yang dilakukan Pak Ma’ruf,”jelas Andreas yang ditemui di Kantor CSIC, Jakarta pada Senin (20/8) kemarin.

Lebih lanjut, Andreas menyebutkan bahwa menyerap segala dukungan selama memang ada dalam proses politik merupakan hal yang wajar. Dan ia sama sekali tidak membantah ketika dimintai tanggapan apakah Jokowi-Ma’ruf mengharapkan dukungan Habib Rizieq. “Ya, kalau bisa kenapa tidak,” ujarnya.

Disebutkan sebelumnya bahwa Ma’ruf mengungkapkan bukan hal yang mustahil jika dirinya di sela-sela ibadah haji meluangkan waktu untuk bertemu dengan Habib Rizieq di Makkah. Meski tidak menampik, Ma’ruf juga tidak mengiyakan.

Baca Juga: Ahoker Lantang Tentang Kiai Ma’ruf Amin, Cak Imin Bereaksi

“Kita lihat nanti,” jawabnya sembari tertawa, ketika ditemui usai acara Silaturahim Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17 yang digelar di Jarwal, Makkah, Arab Saudi pada Sabtu (18/8) lalu, seperti dikutip CNNIndonesia dari Antara.

Tujuan kedatangan Ma’ruf Amin di Tanah Suci adalah untuk memenuhi undangan dari salah satu Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) guna mengisi khotbah di hadapan para Jamaah Calon Haji (JCH) yang sedang melaksanakan Wukuf di Arafah, sekaligus menghadiri Silaturahmi Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17.

Sementara Rizieq Shihab sendiri sampai detik ini masih tinggal di Arab Saudi. Pascakasus dugaan percakapan berbau tidak senonohnya dengan Firza Husein, pemimpin FPI ini belum kembali ke Tanah Air. Sebelumnya rencana-rencana kepulangannya terus batal hingga sekarang.

Baik Ma’ruf Amin dan Rizieq Shihab diketahui sempat satu suara ketika menyuarakan proses hukum terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang terjerat kasus penistaan agama.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]