Wow! Tangkap Kerapu Raksasa Berusia Puluhan Tahun, Saat Dijual Harganya Bikin Syok


SURATKABAR.ID – Yang namanya rejeki datangnya tidak pernah disangka-sangka. Seperti ungkapan, bagai kejatuhan durian runtuh. Dan keberuntungan setiap orang tidak pernah sama satu dengan yang lainnya. Seorang nelayan membuktikan hal tersebut.

Dilansir dari laman Grid.ID dari SCMP pada Senin (20/8/2018), nelayan di China berhasil menemukan peruntungannya secara tiba-tiba. Ketika melaut, ia tanpa disangka-sangka menangkap seekor ikan kerapu berukuran raksasa.

Nelayan tersebut berhasil menangkap ikan raksasa ketika pergi memancing di wilayah di dekan Pelabuhan Beihai, China. Melihat hasil tangkapannya yang luar biasa besar, tanpa pikir panjang ia bergegas membawanya ke pusat pelelangan ikan setempat.

Saat diukur dan ditimbang, diketahuilah berat serta panjang ikan tangkapannya. Ikan kerapu raksasa tersebut memiliki panjang mencapai 1,5 meter dengan berat tak kurang dari 78 kilogram. Dan menurut perkiraan, ikan kerapu berukuran raksasa tersebut berumur setidaknya 30 atau 40 tahun.

Baca Juga: Beli Rumah Murah, Tak Disangka Ada Simpanan Mengerikan di Ruang Bawah Tanah

Usai melakukan pengukuran dan penimbangan, pihak pelelangan ikan pun mulai melelang ikan yang memiliki julukan ‘King of Fish’ tersebut. Harga dibuka dari angka 21.888 Yuan atau yang setara dengan Rp 46 juta.

Namun lantaran ukuran dan beratnya yang sangat istimewa, membuat banyak orang terus menawar harga karena ingin mendapatkan ikan kerapu spesial tersebut. Hal ini menyebabkan nilai jual ikan terus melonjak tanpa henti.

Pada akhirnya, setelah terlibat dalam persaingan yang cukup intens, harga tertinggi berhasil ditawarkan seorang pemilik restoran yang nekat membeli ikan kerapu raksasa tersebut dengan nilai 270.000 Yuan atau yang setara dengan Rp 572 juta!

“Ada suasana persaingan yang serius untuk ikan kerapu ini, karena setiap pebisnis di sini ingin membelinya,” demikian pengakuan salah seorang pengamat.

Tingginya harga jual ikan kerapu ini selain karena ukurannya yang besar, juga karena adanya kepercayaan alias mitos klasik di China. Menurut mitos yang hanya ada di China, makan kerapu hasil tangkapan nelayan ketika pergantian musim dimulai, dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan besar bagi siapa yang memakannya.