Dipercaya Membawa Keberuntungan, Inilah 7 Fakta Unik Patung Kucing ‘Maneki Neko’


SURATKABAR.ID – Bisa jadi Anda sudah sering melihatnya. Berwarna keemasan dan diletakkan di sudut pertokoan, patung kucing lucu yang menggemaskan ini ‘dipercaya’ kerap membawa keberuntungan. Maneki Neko—demikian namanya. Patung yang dikenal dengan nama fortune cat atau beckoning cat ini sangat terkenal di dalam budaya China maupun Jepang. Namun benarkah patung kucing ini membawa keberuntungan? Bagaimana asal usulnya? Apa saja fakta dan cerita di baliknya?

Untuk lebih jelasnya, mari simak 7 fakta unik tentang Maneki Neko yang wajib diketahui, sebagaimana dikutip dari laporan IDNTimes.com, Senin (20/08/2018).

1. ‘Maneki Neko’ berasal dari kisah kucing yang menyelamatkan seorang samurai dari sambaran petir.

Meski begitu, ada banyak legenda ‘Maneki Neko’ versi lainnya. Namun legenda yang paling terkenal ialah Maneki Neko dan samurai. Karena menyelamatkan seorang samurai, dibuatlah patung penghormatan secara khusus bagi kucing.

Kisah ini berawal saat seorang samurai berteduh di bawah pohon karena hujan badai, kemudian sang samurai melihat seekor kucing yang melambai-lambaikan tangan ke arahnya berulang kali. Sang samurai pun akhirnya menghampiri kucing tersebut dan masuk ke dalam sebuah kuil tua. Rupanya benar saja. Sesaat setelah menghampiri kucing tersebut, pohon tempat sang samurai berteduh pun langsung disambar petir.

Baca juga: Tragis! Pria Ini Gagal Menikah, Wanitanya Meninggal Beberapa Menit Sebelum Ikrarkan Sumpah

Saat itu sang samurai percaya bahwa kuil dan kucing yang bernama Tama itu membawa keberuntungan. Alhasil setelahnya masyarakat pun mulai ramai mengunjungi kuil tersebut untuk meminta keberuntungan. Saat Tama mati, Tama dikubur secara hormat dan sang pendeta membuat patung kucing sebagai penghormatan bagi Tama.

2. Ayunan kaki Maneki Neko memiliki makna tersendiri

Posisi kaki ‘Maneki Neko’ yang melambai juga punya arti tersendiri. Sedikitnya ada 3 arti tersendiri.

Pertama, jika yang melambai adalah kaki sebelah kanan, itu berarti sang pemilik patung ingin menarik pembeli.

Kedua, jika kaki patung yang melambai adalah kaki sebelah kiri, artinya sang pemilik patung berharap akan kedatangan keberuntungan dan rezeki.

Ketiga, jika kedua kaki patung baik kanan maupun kiri sama-sama terangkat itu melambangkan bahwa sang pemilik ingin proteksi dari aura negatif.

3. Maneki Neko mempunyai 6 warna berbeda dengan arti yang berbeda pula

Umumnya kita hanya melihat Maneki Neko berwarna emas. Padahal Maneki Neko memiliki 6 warna yang masing-masing memiliki arti atau melambangkan hal yang berbeda:

  • Berwarna emas artinya adalah kekayaan dan kemakmuran,
  • Berwarna calico atau belang-belang berarti keberuntungan,
  • Berwarna putih artinya kebahagiaan dan kemurnian,
  • Warna merah artinya hubungan percintaan yang bahagia,
  • Berwarna hitam itu artinya proteksi dari aura negatif,
  • Dan yang terakhir jika patung berwarna hijau itu berarti meminta kesehatan.
4. Benda yang Maneki Neko genggam dan kenakan juga mengandung filosofi masing-masing

Jika hendak diperhatikan soal apa yang Maneki Neko kenakan dan genggam, ragamnya ada bermacam-macam, bukan? Rupanya, masing-masing benda yang dikenakan dan digenggam juga memiliki filosofinya masing-masing.

Jika Maneki Neko membawa koin emas bernama ryo, itu diartikan sebagai pembawa keberuntungan.

Jika patung menggenggam ikan sejenis gurame artinya kemakmuran dan keberuntungan.

Lalu jika patung membawa palu kecil itu diartikan sebagai kekayaan.

Kemudian jika patung membawa batu kristal, itu berarti melambangkan kebijaksanaan.

5. Toko-nyan, kepala Maneki Neko terbesar di dunia berada di Kota Tokoname, perfektur Aichi

Tokonyan ialah patung pelindung kota Tokoname dengan tinggi 3.8 meter dan lebar 6.3 meter. Patung ini tentunya menarik para turis yang berkunjung ke perfektur Aichi. Tokonyan dibuat sedemikian rupa dengan ciri khas mata bulat yang besar sehingga seolah-olah memperhatikan seluruh penjuru kota selamanya.

6. Maneki Neko juga punya museum yang berada di Kota Okayama

Museum Maneki Neko atau Maneki Neko Museum of Arts terletak di pedesaan terpencil di daerah Okayama. Terdapat lebih dari 700 koleksi patung Maneki Neko dengan berbagai ukuran dan bentuk, lalu di sini juga terdapat Maneki Neko yang terbuat dari kertas, kayu, lilin maupun batu. Bangunan lama dari museum ini dikenal sebagai rumah kucing keberuntungan.

7. Hari Maneki Neko dirayakan setiap 29 November

Seperti diketahui, Jepang mempunyai banyak sekali festival dan hari raya. Hari Maneki Neko atau ‘Maneki Neko no Hi’ juga ada. Ini merupakan perayaan Maneki Neko yang dilaksanakan setiap tanggal 29 September.

Tanggal ini juga memiliki arti, dalam bahasa Jepang angka 9 dibaca (ku), angka 2 dibaca (fu) dan angka 9 dibaca (ku) lalu disambungkan menjadi ‘ku(ru)fuku’ yang berarti “menyambut keberuntungan”.

Netizen merayakan Maneki Neko no Hi dengan mengambil foto kucing peliharaannya yang berpose seperti Maneki Neko, hihi lucu ya.

Demikianlah fakta unik yang dipercaya tentang Maneki Neko. Meski begitu, hendaknya tetaplah ingat bahwa keberuntungan, kesehatan, kekayaan dan rezeki semua datang karena doa pada Tuhan dan ikhtiar manusianya. Patung kucing ini hanya merupakan salah satu media yang melambangkannya saja.