Mie Instan Sampai Ojek Online, 5 Iklan Kontroversial Ini Dilarang Tayang di Indonesia


    SURATKABAR.ID – Iklan merupakan hal yang lumrah menjadi selingan acara di televisi (TV). Bahkan, jika konsepnya unik dan tak biasa, iklan juga bisa memberikan hiburan tersendiri.

    Iklan biasanya dibuat semenarik mungkin untuk mencuri perhatian penonton. Para pengiklan pun berpikir keras untuk membuat konten yang bisa menjual produknya.

    Di sisi lain, penayangan iklan juga diawasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Oleh karena itu, iklan yang dianggap tak pantas atau melanggar norma akan berhenti ditayangkan alias dicabut.

    Dilansir tribunnews.com, Minggu (19/8/2018), berikut 5 iklan kontroversial yang dihentikan penanyangannya oleh KPI.

    1. Boots New Era

    Iklan sepatu karet ini menampilkan seorang wanita mengenakan pakaian terbuka dan bergerak-gerak dengan goyangan yang menggoda. Selain itu, ditampilkan pula seorang laki-laki tanpa pakaian atas yang menggerak-gerakkan dadanya.

    Baca juga: Waspada! Bergambar Roti dan Sosis, Film Kartun Ini Full Adegan Dewasa dan LGBT

    Menurut KPI Pusat, iklan ini tak santun karena tak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang ada di Indonesia.

    2. Cat Avian

    Awalnya, iklan ini tampak biasa saja. Namun, menjelang akhir iklan menayangkan secara close up tubuh bagian paha ketika talent wanita mengangkat roknya setelah diberi tahu bahwa cat masih basah.

    Iklan ini dikategorikan telah melanggar pelatangan dan pembatasan adegan seksual, ketentuan siaran iklan, dan norma kesopanan.

    3. Iklan Lifebuoy

    Iklan sabun ini harus dihentikan penayangannya karena dianggap melecehkan masyarakat NTT. Bahkan, masyarakat NTT menyebarkan petisi penolakan yang meminta iklan tersebut dihentikan penayangannya.

    Iklan ini menyampaikan soal kebiasaan warga Desa Bitobe, NTT, yang kurang memiliki kesadaran hidup bersih. Bahkan, akibat kebiasaan itu, empat balita di NTT meninggal karena diare.

    4. Mie Sedap

    Iklan Mie Sedap dua kali mendapat teguran KPI. Pertama adalah soal adegan saat seorang guru berdiri memegang produk mie dan di kepalanya bertengger seekor ayam.

    Tayangan ini dianggap tak memperhatikan norma dan nilai yang berlaku di sekolah, serta memperolok tenaga pendidik (guru) dan merendahkan sekolah.

    Iklan Mie Sedap yang ditegur lainnya adalah saat menayangkan anak kecil menangis meraung-raung seolah ayahnya telah tiada. Namun, sebenarnya ayahnya malas dan tak mau ikut kerja bakti.

    Perbuatan bohong ayah dan anak ini tentu bertentangan dengan norma sosial yang ada di masyarakat.

    5. GrabBike

    Ojek online yang satu ini iklannya juga menjadi kontroversi karena muatannya yang dianggap menyudutkan pihak tertentu. Iklan berdurasi 45 detik ini menampilkan seorang wanita yang sedang berjalan, tapi tubuhnya tiba-tiba penuh luka seakan berubah jadi zombie.

    Iklan yang tayang di Youtube ini dianggap menyudutkan ojek pangkalan dan menuduh mereka sebagai penyebab kecelakaan di jalan raya.