Masjid di Balikpapan Ini Rayakan Idul Adha Pada 21 Agustus 2018, Begini Penetapannya


SURATKABAR.ID – Tahun ini, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8/2018). Namun, ternyata ada masyarakat yang melaksanakan Idul Adha terlebih dahulu.

Salah satunya adalah jamaah Masjid Namirah, Balikpapan Baru yang menggelar salat Idul Adha pada Selasa (21/8/2018) besok.

Ketua Yayasan Namirah, Gatot Subandono menuturkan, pihaknya tak bermaksud agar berbeda dari keputusan pemerintah. Tidak pula karena pengaruh dari kelompok tertentu.

Menurutnya, mengenai penetapan Idul Adha yang lebih awal, pihaknya mengacu pada Alquran dan ahli sunah.

“Penetapan Selasa semata-mata mengikuti waktu aktivitas wukuf dalam ibadah haji. Bukan juga mengikuti kebijakan Arab Saudi, tapi aktivitas kegiatan haji di sana,” ujar Gatot, dikutip dari jawapos.com, Minggu (19/8/2018) kemarin.

Baca juga: Mengaku Sesat, Ratu Kerajaan Ubur-Ubur Tobat dan Mohon Ampun di Hari Kemerdekaan Indonesia

Meski berbeda, ia berharap keputusan tersebut dapat ditanggapi positif sebagai khasanah untuk umat Muslim. Apalagi, menurutnya masing-masing kelompol memiliki dalil.

“Kami harap ini bisa diterima oleh kaum muslimin sebagai sesuatu yang lumrah. Hal yang penting persatuan umat tetap terjaga,” lanjutnya.

Menurut Kepala Seksi Dakwah Masjid Namirah, Tono Heriyadi Atma, penetapan tersebut sebenarnya mengikuti waktu wukuf. Penetapan ini pun baru dilakukan setelah ada penentuan waktu wukuf di Arab Saudi.

Bahkan, pengurus masjid sebenarnya telah berencana melaksanakan salat Idul Adha pada Rabu (22/8/2018). “Namun begitu ada perubahan 1 Zulhijjah di Arab Saudi, kemudian kami mengikuti waktu wukuf itu,” terang Tono.

Diketahui, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi menetapkan Hari Raya Idul Adha 1439 H jatuh pada Selasa (21/8/2018). Sedangkan hari Arafah jatuh pada Senin (20/8/2018).

Keputusan tersebut diambil setelah Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi melakukan sidang isbat pada Sabtu (11/8/2018) lalu. Sidang tersebut memutuskan bahwa 1 Zulhijjjah jatuh pada Minggu (12/8/2018).

Sementara itu, pemerintah Indonesia menetapkan 1 Zulhijjah jatuh pada Senin (13/8/2018). Dengan begitu, 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu (22/8/2018).